Tips Terbaik Mencuci dan Memotong Sayuran Hijau | Breaktime
Tips Terbaik Mencuci dan Memotong Sayuran Hijau
02.12.2016

Dari arugula, seperti selada air, sayuran hijau memang menyegarkan, cantik, lezat dan menyehatkan, ya, B’timers? Dimakan mentah, menjadi salad atau ditumis, semuanya sama-sama menyenangkan. Ada satu aturan emas yang berlaku untuk setiap sayuran hijau. mulai dari pembelian hingga pengolahan. Dan cara mencuci dengan benar adalah kunci keamanan makanan. Intip tipsnya berikut, yuk, B’timers!

Tips Terbaik Mencuci dan Memotong Sayuran Hijau | Breaktime
Tumisan sayuran hijau memang kaya rasa dan lezat!

Langkah pertama dalam mempersiapkan sayuran hijau yang segar, entah itu diproduksi secara organik atau konvensional, dibeli dari pasar petani atau supermarket, diolah ataupun dinikmati dalam keadaan segar, sangat penting ketika Anda mencucinya dengan benar. Nah, agar tidak membuang nutrisi penting di dalam sayuran dan tetap menjaga kebersihannya, berikut tips mencuci sayuran hijau.

  • Selalu mulai dengan tangan yang bersih, B’timers. Cuci tangan Anda selama 20 detik atau lebih dengan sabun dan air hangat.
  • Potong setiap area yang rusak pada daun atau batang sebelum mulai mencuci atau memakan sayuran. Jika ada bagian yang busuk, sebaiknya buang.
  • Jika sayuran hijau yang dibeli tidak memiliki label, pre-washed atau ready-to-eat, cucilah dengan benar. Lakukan di bawah air mengalir sebelum memotong, memasak atau memakannya. Ini bisa membantu mengurangi mikroorganisme yang tinggal di permukaan sayuran.
  • Untuk sayuran yang memiliki batang inti, seperti selada, potong bagian tersebut sebelum Anda mencucinya, B’timers.
Tips Terbaik Mencuci dan Memotong Sayuran Hijau | Breaktime
Sayuran hijau pun bisa dikonsumsi mentah, lho, B’timers!
  • Nah, sementara untuk daun yang rapuh, seperti mesclun, rendam daun itu di dalam mangkuk berisi air dingin bersih. Cuci selama 30 detik atau lebih. Ulangi dua kali, tiriskan.
  • Jangan pernah mencuci sayuran hijau dengan sabun, deterjen atau pemutih. Karena hal tersebut dapat meninggalkan residu yang tidak layak untuk dikonsumsi. Kecuali jika Anda menggunakan sabun yang memang direkomendasikan untuk mencuci bahan makanan, B’timers.
  • Setelah dicuci, keringkan sayuran hijau dengan handuk kertas untuk menghilangkan kelebihan cairan yang dapat mempercepat rusaknya sayuran segar.
  • Anda bisa memotong sesuai keinginan setelah sayuran hijau dicuci bersih, B’timers.

Mengonsumsi sayuran hijau memang bisa meningkatkan kesehatan. Namun jika kita tak memperhatikan kebersihannya, kesehatan bisa menjadi taruhannya, lho, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE