Tips Sederhana Memanggang Tanpa Menggunakan Oven | Breaktime
Tips Sederhana Memanggang Tanpa Menggunakan Oven
12.10.2016

Bermimpi untuk memanggang kue atau makanan sendiri, namun tak ada oven di rumah, B’timers? Nah, artinya Anda membutuhkan tips memanggang tanpa menggunakan oven, nih. Well, memanggang sajian sendiri memang memberikan kepuasan, ya? Tidak, Anda tak akan membutuhkan pressure cooker, oven batu maupun oven pasir, kok. Berikut tips memanggang tanpa menggunakan oven, B’timers!

Tips Sederhana Memanggang Tanpa Menggunakan Oven | Breaktime
Bahkan Anda bisa memanggang daging, lho

Peralatan yang akan Anda butuhkan

Siapkan panci dengan ukuran cukup besar untuk menampung loyang kue. Selain itu, siapkan juga sebuah tutup untuk panci tersebut. Jangan lupa ring atau besi jaring agar loyang tak menempel pada panci. Kita dapat mulai memanaskan oven dengan meletakkan panci besi di atas kompor. tutup panci tersebut, lalu nyalakan api kecil. Biarkan hingga oven panas selama setidaknya 10 menit.

Dan ketika oven Anda sudah siap, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan atau handuk tebal saat melakukannya, ya, B’timers. Masukkan loyang yang sudah berisi adonan kue atau masakan lainnya. Hati-hati jangan sampai menumpahkannya, lho. Tutup panci dan besarkan api selama setidaknya 5 menit dan kecilkan api. Panggang kue selama yang dibutuhkan.

Jika menggunakan oven Anda bisa menyetel waktu, memanggang tanpa oven memang sedikit lebih sulit dilakukan, B’timers. Kita tidak bisa mengintip untuk melihat apakah masakan sudah matang atau belum. Namun tipsnya, selama Anda membuka tutup panci untuk memeriksa, pastikan setelahnya besarkan api dengan waktu yang sama seperti saat panci dibuka.

Tidak seperti memanggang dengan oven, kecuali Anda menggunakan termometer, selalu perhatikan waktu memanggangnya. Dan jangan pernah meninggalkan kue atau masakan Anda di dalam oven ini terlalu lama, lho, B’timers. Atau Anda akan mendapatkan makanan yang terlalu kering. Dengan tips ini, Anda bisa memanggang makanan lain, seperti pizza, lho.

Nah, selamat mencoba memanggang tanpa oven, B’timers! (NO)

Share This Article