Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah | Breaktime
Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah
06.11.2017

Citarasa kuliner Indonesia memang tidak tertandingi dengan negara manapun dan sudah tersohor hingga ke seluruh dunia. Salah satu penyebab keunikan citarasa masakan Nusantara tentunya tak lain merupakan perpaduan aneka bumbu rempah. Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu tradisional dalam masakan Indonesia yang hampir pasti dapat ditemukan dalam berbagai hidangan. Namun rupanya di balik kenikmatan bawang merah sebagai bumbu penyedap alami, terdapat siksaan tersendiri yang akan Anda alami saat mengupas maupun mengiris dan memotong-motong bawang merah.

Berada dalam satu famili yang sama dengan bawang putih, bawang merah atau yang dalam nama latin dikenal juga dengan Allium cepa. Ketika masih tumbuh di tanah, tanaman bawang merah memiliki kecenderungan untuk menyerap unsur sulfur dari tanah. Sulfur mentah tersebut pada akhirnya diubah oleh tanaman bawang merah menjadi zat asam amino yang juga disebut dengan sulfoksida. Menariknya, ketika B’timers mengupas dan mengirisnya, zat sulfoksida tersebut akan bereaksi dengan lingkungan dan membentuk gas syn-propanethial-s-oksida yang menimbulkan aroma menyengat dan sensasi perih di mata hingga membuat Anda menangis.

Salah satu cara untuk menghilangkan zat penyebab sensasi pedih tersebut ialah dengan menyalakan sebatang lilin sembari mengupas maupun mengiris bawang merah. Dengan demikian, senyawa belerang yang terkandung pada bawang merah tersebut nantinya akan tertarik oleh api sehingga mata Anda tak lagi terasa perih. Selain itu, B’timers juga bisa membuang kedua ujung atas dan bawah dari siung bawang merah sebelum dikupas. Anda juga dapat merendam bawang merah di dalam air es selama beberapa saat untuk mengendapkan getah bawang merah penyebab aroma yang menyengat tersebut agar tidak menguap ke udara. Tahukah Anda bahwa pisau jenis tertentu dapat memicu aroma menyengat pada bawang merah untuk makin menguar di udara? Pisau yang sangat tajam akan mengurangi jumlah sel bawang merah yang pecah saat diiris sehingga mengurangi uap belerang yang keluar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika
Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah | Breaktime
Mengiris dan mengupas bawang merah rupanya memerlukan teknik khusus tertentu

Selain membuat B’timers tersiksa dengan sensasi pedih di mata maupun airmata yang mengalir tiba-tiba, bawang merah juga cenderung susah dikupas sama halnya dengan bawang putih. Berbeda dengan bawang bombay yang lebih mudah dikupas, lapisan kulit pelindung daging bawang merah cenderung lengket satu sama lain dan susah dipisahkan begitu saja. Ketika B’timers ingin mengupas bawang merah dalam jumlah banyak. Rendamlah terlebih dahulu dalam wadah besar berisi air mendidih yang tertutup rapat. Tunggu beberapa saat hingga air berubah dingin lalu tiriskan. Dijamin, kulit bawang merah akan menjadi lunak serta tidak akan terlalu melekat satu sama lain sehingga jauh lebih mudah dikupas.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman

Cara lain yang tak kalah praktis dalam mengupas bawang merah ialah dengan memotongnya terlebih dahulu menjadi 2 bagian. Belahlah bawang merah tepat di bagian tengah dari pucuk hingga ke bagian akar, lalu hilangkan ujung bagian bawahnya. Setelah dibelah menjadi 2, kulit pembungkus bawang merah ternyata cenderung jauh lebih mudah dikupas daripada ketika sebelum dibelah. Ambil setengah bagian bawang merah lalu iris melintang menjadi lapisan tipis-tipis sesuai kebutuhan resep masakan Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dapatkan Kunci Kelezatan Kopi dari Ahli Rempah

Beberapa resep biasanya akan menyebutkan secara spesifik panjang irisan bawang merah yang dibutuhkan. Anda tak perlu mengukur panjang potongan bawang merah secara spesifik menggunakan penggaris. Yang B’timers perlukan adalah memastikan bahwa setiap irisan dan potongan yang Anda lakukan memiliki panjang yang konsisten. Semoga Anda kini tak lagi kesulitan mengupas dan mencincang bawang merah ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE