Tips Mudah Gulung Roll Cake Agar Tak Berantakan | Breaktime
Tips Mudah Gulung Roll Cake Agar Tidak Berantakan
08.08.2016

Suka membuat kue gulung atau Swiss cake roll, B’timers? Nah, Swiss cake roll atau biasa disebut jelly roll atau cream roll, adalah kue spons berisi whipped cream, frosting atau selai dan jeli. Rasanya yang unik dipadu tekstur lembut membuat banyak orang menyukainya. Sayang tak semua orang lihai menggulung cake yang satu ini. Nah, berikut tips mudah menggulung roll cake agar tidak berantakan, B’timers!

Langkah 1

Gunakan loyang berukuran 15 x 10 x 1 cm agar tidak terlalu sulit mengeluarkan kue. Dan pastikan Anda melumasi loyang dengan lemak dan tepung. Atau paling mudah pakai saja kertas roti sebagai alas untuk loyangnya, B’timers. Ingat untuk tidak memanggang terlalu lama, ya?

Tips Mudah Gulung Roll Cake Agar Tak Berantakan | Breaktime
Sisihkan dulu sebelum Anda mengisinya dengan selai

Langkah 2

Keluarkan kue dengan dialasi kertas roti yang sudah ditaburi gula bubuk. Segera setelah dikeluarkan dari oven, iris bagian tepiannya dengan pisau datar untuk memudahkan Anda mengeluarkan kue dari loyang. Dan lepaskan kertas roti yang ada di bagian bawah roti.

Baca juga : MANFAAT BAWANG BOMBAY UNTUK ANTI KANKER, BENARKAH?

Langkah 3

Dan untuk tips mudah menggulung roll cake agar tidak berantakan selanjutnya adalah, mulailah dari sisi terpendek kue. Perlahan, gulung kue spons. Dan pastikan Anda melakukan hal ini saat kue masih dalam kondisi sedikit hangat. Gulung kue hingga membentuk spiral. Biarkan kertas roti menempel.

Tips Mudah Gulung Roll Cake Agar Tak Berantakan | Breaktime
Anda bisa menaburkan gula halus di atas kue

Langkah 4

Setelah roll cake digulung hingga ujung kertas, sisihkan dalam ruangan bersuhu sejuk selama setidaknya 1 jam. Baru Anda bisa membuka gulungan dan lepaskan kue dari kertas roti bertabur gula bubuk. Beri isian dari atas kue setebal 1 inchi dari bagian tepi.

Langkah 5

Gulung kembali kue Anda, perlahan sambil sedikit ditekan. Pastikan gulungan kue Anda berbentuk rapi dan rata, ya? Dinginkan roll cake di dalam lemari pendingin. Untuk lama penyimpanannya, sesuaikan dengan isian yang Anda gunakan, B’timers.

Dengan tips mudah menggulung roll cake agar tidak berantakan, Anda tak perlu takut lagi menyiapkan kue kesukaan keluarga sendiri, kan, B’timers? (NO)

Share This Article