Tips Jaga Kesegaran Frozen Foods dalam Freezer | Breaktime
Tips Menjaga Kesegaran Frozen Foods dalam Freezer
28.03.2016

Menyimpan makanan dalam bentuk beku memang menjadi solusi mudah bagi Anda untuk menyediakan makanan dalam waktu singkat. Sayangnya, makanan beku mudah sekali untuk mengeras atau bahkan berlendir jika tidak tepat proses penyimpanannya dalam freezer. Bagi B’timers yang tidak ingin menyia-nyiakan uang dengan membuang makanan, Anda wajib tahu cara menyimpan makanan berikut dengan benar.

Daging

Daging memang paling cocok disimpan dalam suhu dingin agar lebih tahan lama. B’timers dapat memindahkan daging yang baru Anda beli ke pembungkus plastik baru sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Namun, jangan sampai membuang label daging agar Anda tahu kapan daging tersebut kedaluarsa atau berapa lama dia layak disimpan dalam freezer.

Tips Jaga Kesegaran Frozen Foods dalam Freezer | Breaktime
Pindahkan pada pembungkus baru tetapi jangan hilangkan labelnya, ya!

Frozen berries

Buah beri mudah untuk berlendir jika dimasukkan ke dalam freezer. Untuk mengatasi hal tersebut, B’timers dapat mencuci bersih buah-buahan beri dan tiriskan. Letakkan di atas cookie sheet berbaris dan masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Setelah membeku, masukkan ke dalam wadah kedap udara agar mudah untuk Anda konsumsi atau gunakan di kemudian hari.

Herbs

Dedaunan herbal seperti daun bawang, basil, dan parsley ternyata juga bisa disimpan dalam bentuk beku. B’timers cukup mencuci bersih dan mengeringkannya dengan tisu dapur. Potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam plastik kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Cara ini juga dapat Anda lakukan pada jahe.

Tips Jaga Kesegaran Frozen Foods dalam Freezer | Breaktime
Ternyata daun herbal juga bisa dibekukan agar awet, lho.

Pie

Pie memang lezat disajikan kapan saja dan untuk siapa saja. Namun, membuat pie bukan hal yang mudah untuk dilakukan berulang kali. Untuk mengatasi hal tersebut, B’timers bisa melapisinya dengan plastik dan aluminium foil di seluruh permukaan pie. Catat tanggal pembuatannya dan isian pie dan masukkan ke dalam freezer. Sajikan kapan saja setelah dihangatkan menggunakan oven atau microwave.

Roti

Memasukkan roti ke dalam lemari pendingin begitu saja akan mengeringkan permukaan roti sehingga tidak nikmat lagi untuk dikonsumsi. B’timers sebaiknya membungkus permukaan roti dengan plastic wrapper, kemudian dilapisi dengan aluminium foil sebelum dimasukkan dalam freezer. Dengan begitu, roti Anda lebih tahan lama hingga 6 bulan.

Tips Jaga Kesegaran Frozen Foods dalam Freezer | Breaktime
Bungkus rapat dengan plastik, akhiri dengan aluminium foil agar tidak mengering

Es Krim

B’timers suka kesal dengan terbentuknya es tipis yang mengeras di permukaan es krim Anda? B’timers dapat mencegah terjadinya hal tersebut dengan menekan plastic wrap di permukaan es krim dan mengganti tutup es krim dengan yang baru. Sebaiknya B’timers juga jangan terlalu lama menyimpan es krim dalam freezer karena es krim lebih lezat disantap setelah dibeli.

Meningkatnya kemampuan B’timers dalam menyimpan makanan dapat berdampak positif pada anggaran belanja. Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk bahan makanan karena seluruh bahan makanan terkonsumsi semua. Selain itu, menyimpan makanan dengan lebih baik membuat rasa makanan lebih lezat dari biasanya, lho! Selamat mencoba. (ft)

Share This Article