Tips Mengatur Makanan dalam Freezer Wajib Tahu | Breaktime
Tips Mengatur Makanan dalam Freezer Wajib Anda Tahu
22.03.2016

Belanja bulanan atau mungkin mingguan menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran dalam satu waktu. Namun, cara tersebut jika tidak dibarengi dengan cara menyimpan bahan makanan dengan baik, maka akan sia-sia saja usaha B’timers selama ini. Untuk itu, Anda setidaknya harus tahu tips mengatur makanan dalam freezer berikut ini.

Atur suhu yang tepat

Kebanyakan dari B’timers pasti beranggapan bahwa lemari pendingin harus berada di suhu terendah. Hal ini bukan sepenuhnya salah, tetapi akan lebih baik jika Anda menyetel suhu yang tepat agar lemari pendingin Anda tahan lama. Atur suhu lemari pendingin setidaknya 4-5o C atau di bawahnya, sedangkan untuk freezer atur suhu menjadi -17oC atau di bawahnya.

Tips Mengatur Makanan dalam Freezer Wajib Tahu | Breaktime
Atur suhu yang tepat agar makanan tetap segar berada dalam lemari pendingin

Daging dalam freezer

Harus diakui bahwa daging akan lebih tahan lama jika berada di suhu yang sangat dingin. Tetapi, freezer jelas bukan jawaban yang tepat untuk menyimpan daging Anda. Terdapat wadah tersendiri dalam lemari pendingin, biasanya di bagian bawah sendiri untuk menyimpan daging. Wadah paling bawah dianggap paling aman karena menghindari cairan dari daging meluber menodai makanan lainnya.

Membekukan makanan

Tidak lengkap mengetahui tips mengatur makanan dalam freezer sebelum B’timers mempelajari bagaimana membekukan makanan. Pastikan Anda menyimpan makanan dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Melapisi daging atau keju dengan paper towel dapat mengatasi permukaan bahan makanan yang mengeras akibat terlalu lama di freezer.

Tips Mengatur Makanan dalam Freezer Wajib Tahu | Breaktime
Lapisi dengan paper towel atau wadah kedap udara lainnya agar tidak mengeras

Menyimpan sayur dan buah

Jika bahan makanan lain dapat disimpan dalam wadah kedap udara, lain halnya dengan sayur dan buah. Menyimpan buah dan sayur ke dalam wadah kedap udara justru akan mempercepat proses layu. B’timers juga harus pandai memisahkan buah atau sayur yang mudah membuat busuk buah lainnya. Sebisa mungkin jangan letakkan alpukat, pisang, persik, pir, kesemek, dan tomat di dalam lemari pendingin. Penyimpanan di luar ruangan akan lebih cocok bagi buah dan sayur tersebut.

Makanan sisa dalam lemari pendingin

Suka berlebihan dalam memasak ataupun memesan makanan sehingga mengharuskan B’timers menyimpannya dalam lemari pendingin? Anda dapat menyimpannya dalam kulkas setelah suhunya benar-benar dingin sesuai suhu ruangan. Simpan ke dalam wadah yang bening dan kuat sehingga mudah diperiksa kondisi makanan maupun mudah dipanaskan kembali. Batas penyimpanan makanan sisa dalam freezer ataupun lemari pendingin maksimal 4 hari saja, selebih itu segera buang dari kulkas Anda.

Tips Mengatur Makanan dalam Freezer Wajib Tahu | Breaktime
Jangan sampai menyimpan makanan sisa sampai lebih dari 4 hari, ya!

Tips mengatur makanan dalam freezer tidak terlalu susah dan bisa Anda jadikan sebagai kebiasaan baik. Dengan pandai-pandai mengatur makanan dalam lemari pendingin, pengeluaran untuk bahan makanan dapat ditekan karena bahan makanan yang sudah Anda simpan tidak mudah layu dan busuk. Lemari pendingin pun dapat terjaga kebersihan dan kerapiannya sepanjang waktu, kan? Semoga membantu! (ft)

Share This Article