Tips Membekukan Sayuran untuk Kesegaran Maksimal | Breaktime
Tips Membekukan Sayuran untuk Kesegaran Maksimal
29.08.2016

Pernah menyimpan sayuran yang Anda beli di dalam lemari pembeku, B’timers? Ya, musim panas, saat sayuran segar melimpah, biasanya kita langsung belanja cukup banyak. Tapi tak jarang kesalahan ketika menyimpan sayuran maupun buah, justru membuatnya tidak layak untuk dikonsumsi, lho. Hmm, intip cara tepat bekukan sayuran demi mempertahankan kesegarannya secara maksimal, yuk, B’timers!

Tips Membekukan Sayuran untuk Kesegaran Maksimal | Breaktime
Sayuran segar vs sayuran beku?

Kenapa penting dan perlu membekukan sayuran?

Well, ya, memang tidak ada yang dapat mengalahkan sayuran segar. Membekukan sayuran tidak hanya akan menghilangkan kesegaran, melainkan juga mengubah teksturnya, lho, B’timers. Dan kesalahan saat memasak, justru dapat membuat rasa sayuran beku berubah. Eeeeww! Tapi ketika ini satu-satunya cara untuk mengawetkan makanan di rumah, Anda perlu tahu cara terbaik untuk membekukan sayuran.

Tips Membekukan Sayuran untuk Kesegaran Maksimal | Breaktime
Masukkn sayuran dalam kantung plastik kedap udara

Panduan dasar wajib tahu untuk bekukan sayuran

Dan ada perbedaan terbesar antara pembekuan buah-buahan serta sayuran, yaituproses blanching atau flash-boiling. Cara tepat bekukan sayuran adalah setelah blanching, sayur harus dibekukan secepatnya, B’timers.  Nah, untuk itu, penting memastikan freezer Anda sudah diatur dalam suhu 0 derajat F atau di bawah. Pastikan juga Anda membungkus sayuran kering sebelum membekukannya, ya?

Baca juga : KENALI JENIS JAMUR YANG AMAN DIMAKAN DAN DIOLAH!

Sebaiknya pisahkan setiap jenis sayuran dan cuci bersih, lalu keringkan dengan baik setelah dicuci bersih dan masukkan dalam kantung plastik. kedap udara. Dan setelah itu sayuran bisa disimpan dalam lemari pembeku, B’timers. Tak jauh berbeda dengan cara bekukan buah segar, Anda harus memastikan suhu di dalam freezer diatur untuk membekukan sayura atau buah dengan cepat.

Meskipun ada tips dan cara tepat bekukan sayuran dan tetap mendapatkan kesegaran maksimal, namun ada beberapa jenis sayur ayng sangat dilarang untuk disimpan dalam lemari pembeku, lho, B’timers. (NO)

Share This Article