Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak
27.04.2016

Memasak sebenarnya bukan hal yang menyusahkan, hanya saja persiapannya terkadang sangat ribet dan dihindari oleh kebanyakan orang. Dengan tips memasak mudah dan praktis ini, B’timers dijamin akan langsung lari ke dapur dan mencoba semuanya. Apa saja, sih? Check this out!

Bersih dengan cuka dan air

Bagian paling mengesalkan saat memasak adalah membersihkan noda membandel. Meskipun sudah disikat dengan sabun tetap saja menempel. Atasi dengan mencampurkan satu sendok cuka ke dalam 4 sendok air untuk menghilangkan noda membandel pada pinggiran kompor.

Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Cuka dan air, sahabat ampuh usir noda

Menghindari tumpukan piring kotor

Biasanya setelah memasak banyak, B’timers akan langsung frustrasi begitu melihat ke cucian. Panci, penggorengan, hingga piring kotor menumpuk tak karuan. Ambil selang waktu menunggu masakan matang dengan mencuci sedikit demi sedikit sesudah digunakan. Hal ini akan menghindarkan Anda pada punggung sakit karena terlalu lama mencuci peralatan masak.

Microwave trick

Beberapa trick menggunakan microwave harus Anda ketahui. Tusuk-tusuk kentang menggunakan garpu dan masukkan ke dalam microwave selama 4 menit akan mengurangi waktu masaknya. Anda juga dapat meletakkan dua mangkok dalam satu microwave dengan bantuan sebuah gelas. Gelas akan memberikan tingkatan yang berbeda sehingga memungkinkan B’timers memasukkan dua mangkok dalam satu microwave.

Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Buat bertingkat agar muat beberapa mangkok

Masak lebih cepat dengan garam

Dalam memasak spaghetti atau mie, B’timers dapat menggunakan panci lebih besar agar cepat matang. Isi air secukupnya saja dan tambahkan sedikit garam agar cepat mendidih. Menutupi panci dengan tutup panci juga membantu proses pematangan cepat, ini termasuk salah satu tips memasak mudah, lho.

Gunakan blender untuk adonan pancake

Biasanya B’timers menggunakan pancake dalam sebuah mangkok. Mulai sekarang gunakan blender untuk mencampur adonan pancake menjadi satu. Mulut blender juga memudahkan Anda untuk menuangkan adonan di atas teflon.

Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Mudah dibuat dan mudah pula dibersihkan

Potong miring agar cepat matang

Beberapa sayuran seperti wortel, lobak dan timun biasanya akan B’timers potong melintang agar terbentuk bulat sempurna. Namun, tahukah Anda, bila memotong miring justru mengurangi waktu pemasakan sehingga akan matang lebih cepat. Hal ini berlaku pula untuk daging.

Hilangkan bau bawang dengan sendok

B’timers sering kesal dengan bau bawang yang menyengat di tangan setelah mengupas ataupun mengiris bawang. Atasi dengan menggosok-gosokkan tangan pada benda berbahan stainless seperti sendok dan garpu. Besi akan merontokkan molekul sulfur pada bawang yang menempel di tangan Anda.

Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Kekuatan sendok bisa usir bau bawang dari tangan

Popcorn microwave

Membuat popcorn membuat siapapun bergidik ngeri karena letupan-letupan yang dibuat yang dibuatnya. Untuk menghindari letupan, B’timers dapat memasukkan biji jagung ke dalam mangkok microwave dan tutup dengan piring tahan panas. Masak dengan suhu tinggi selama 2 menit 45 deitk hingga terbentuk popcorn. Tambahkan minyak zaitun atau garam sebelum dimasak untuk memberi rasa.

Tips Memasak Mudah untuk Si Buta Masak | Breaktime
Popcorn anti meletup dengan microwave

Nah, kata siapa memasak itu pekerjaan paling ribet sedunia? Dengan tips memasak mudah dan praktis tersebut, dapur akan menjadi sabahat baik B’timers mulai sekarang. Share ke teman atau kerabat yang paling anti masak agar dia jadi lebih rajin ke dapur, ya! (ft)

Share This Article