Tips Memasak Daging yang Lembut dan Empuk | Breaktime
Tips Memasak Daging yang Lembut dan Empuk
07.09.2016

Memasak daging adalah hal yang sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Hal ini karena banyak sekali inspirasi menu olahan daging. Namun, tidak sedikit dari Anda yang merasa gagal saat memasak daging, kan. Saat daging matang ternyata teksturnya saat digigit tidak empuk dan bumbunya tidak meresap. Untuk memasak daging yang empuk dan sangat tasty, Anda harus mengikuti tips berikut ini.

Potong daging  dengan pisau atau garpu seperti Anda merapikan gandum

Potong daging secara melintang melalui serat otot dalam daging. Jadi, Anda harus memperhatikan dan mengetahui serat-serat yang terdapat dalam daging tersebut dan kemudian dipotong dengan cara mengikuti garis serat tersebut.

Memasaknya dengan suhu yang tepat

Anda hanya perlu memasak daging dengan benar untuk membuat daging tersebut empuk. Jika Anda memasak sirloin, maka gunakan suhu penggorengan sebesar 140 derajat Celcius. Itu akan menghasilkan daging yang baik saat dimakan.

Tips Memasak Daging yang Lembut dan Empuk | Breaktime
Membumbui daging dengan garam dapat melunakkan tekstur yang keras

Memasaknya perlahan

Memasak daging secara perlahan adalah cara yang tepat untuk mendapatkan tekstur lembut. Hal ini karena jika memasak dengan perlahan akan memecah jaringan ikat dan siap untuk disantap.

Memarkan daging sebelum dimasak

Sebelum daging dimasak, sebaiknya memarkan dulu dengan palu dapur atau ulekan. Pukul-pukul daging hingga mencapai ketebalan 1/4 inci. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tekstur empuk pada daging saat dimakan.

Bumbui daging

Jangan lupa untuk membumbui daging dengan garam. Hal ini dilakukan tidak semata-mata untuk memberikan rasa asin pada daging, tetapi juga dengan garam, mampu melunakkan tekstur daging yang memang sedikit keras. Taburi garam dan jangan diamkan terlalu lama, cukup diamkan selama kurang lebih dua jam.

Bagaimana, B’timers? Anda jadi ingin mencoba memasak daging dengan tips-tips di atas, kan? Dijamin Anda akan mendapatkan tekstur daging yang lembut dan empuk saat dimakan. 

Share This Article