Tips Makan Buah Ini Ternyata Cuma Mitos | Breaktime
Tips Makan Buah Ini Ternyata Cuma Mitos
03.09.2017

“An apple a day keeps the doctor away”.

B’Timers pasti tahu dong maksud di balik peribahasa Barat ini. Ya, buah-buahan memang dikenal sebagai makanan dengan rasa manis yang alami dan juga kaya akan berbagai macam vitamin, air, dan serat. Dengan rajin makan buah, tak hanya Anda bisa memperoleh imunity boost sehingga tidak mudah sakit, tapi buah-buahan juga bisa dijadikan camilan menyehatkan buat diet Anda lho, B’Timers.

Buah bisa diolah dengan berbagai macam cara, mulai dari dimakan begitu saja, dijadikan sebagai jus atau smoothies, topping es krim atau oatmeals, dan lain sebagainya. Tips makan buah yang benar pun banyak bertebaran di internet dan banyak banget dari kita pastinya yang mengamini tips-tips tersebut. Tapi dari mana kita tahu kalau tips yang kita baca itu fakta? Atau justru selama ini itu semua cuma mitos?

Salah satu anjuran makan buah yang sering banget kita dengar adalah anjuran agar tidak memakan buah sebelum atau bahkan sesudah makan. Sebaiknya Anda justru makan buah saat perut Anda kosong, karena jika Anda makan buah sebelum atau sesudah makan akan berakibat pada turunnya kualitas nutrisi pada buah tersebut. Ada juga yang mengakibatkan bahwa makan buah segera setelah atau sebelum makan nasi dapat mengakibatkan sistem pencernaan melambat dan membuat makanan di dalam perut menumpuk dan mengakibatkan pembusukan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

Ewww, sounds gross right? Bayangan akan makanan yang membusuk perlahan di dalam perut memang bukan bagian dari imajinasi yang menyenangkan. Which is why, sepertinya itulah yang membuat orang lantas panik dan mempercayai tips tersebut. Tapi Anda bisa bernapas lega, karena ternyata tips itu adalah sebuah hoax alias gak benar!

Faktanya, Anda dapat bebas makan buah kapanpun Anda mau. Tubuh kita sudah dibekali dengan mekanisme ajaib yang memproduksi enzim ajaib yang dapat membantu usus mencerna makanan yang bercampur di dalam usus. Usus Anda juga memiliki daya serap yang luar biasa lho, B’Timers. Dengan kata lain, nutrisi yang didapatkan oleh tubuh dari buah-buahan (atau dari makanan apapun) akan tetap maksimal. 

Tips Makan Buah Ini Ternyata Cuma Mitos | Breaktime
makan buah dulu atau nasi dulu nih?

Dan soal makanan yang membusuk karena sistem pencernaan yang melambat, Anda bisa membuang bayangan mengerikan tersebut jauh-jauh dari otak Anda. Memang benar, serat dalam buah dapat membuat pencernaan Anda sedikit lebih lambat sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama. Tapi, bukan berarti hal tersebut akan membuat makanan yang belum sempat tercerna di dalam perut jadi membusuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sstt! Ini Rahasia Memilih Buah Melon di Swalayan

Ketika makanan masuk ke dalam usus, tubuh Anda secara otomatis akan membantu mengeleminasi kuman-kuman yang terbawa di dalam makanan tersebut. Dan di saat yang sama tubuh Anda akan memproduksi asam sehingga menciptakan kondisi yang tidak memungkinkan adanya pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme lain yang memicu proses pembusukan makanan. You can sit down and relax now.

Oh ya, Anda mungkin juga sering mendengar bahwa buah sebaiknya dikonsumsi 1-2 jam untuk penderita diabetes. Well, that one is a bluff too. Kenyataannya, sampai sekarang tidak ada hasil penelitian yang membuktikan hubungan antara memisahkan makan buah dengan makan nasi akan mencegah gula darah Anda naik. Malah, kadar fruktosa (alias gula dalam buah) yang ada di dalam buah tersebut akan terserap lebih cepat dan justru dapat mengakibatkan gula darah meningkat tajam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Fakta Mengejutkan Buah Ceri Ini!

Hayo lho, trus gimana? Buat Anda penderita diabetes, Anda justru disarankan untuk menyantap buah sebagai makanan pendamping dari makanan yang kaya akan kandungan protein, lemak, atau serat. Gabungan dari nutrisi makanan tersebut dapat membantu makanan Anda dicerna lebih lambat oleh usus, dan secara tidak langsung dapat menurunkan resiko naiknya kadar gula darah.

Wow! mindblowing, ya? Mitos makan buah apa lagi nih yang sering Anda dengar, B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE