Tips Belanja & Bersihkan Makanan Demi Kesehatan | Breaktime
Tips Belanja dan Bersihkan Makanan Demi Kesehatan
09.05.2016

Hampir setiap orang di dunia sangat tergila-gila dengan yang namanya kesehatan. B’timers juga tentu ingin selalu menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Memasak makanan sendiri menjadi solusi terhindar dari masakan penuh keraguan yang dijual di berbagai rumah makan dan kedai.

Tetapi, bila Anda tidak berhati-hati, ternyata masakan Anda bisa mengancam kesehatan Anda sendiri, lho! Tips berikut ini akan menghindarkan Anda dari bakteri dan virus yang menempel pada bahan makanan selama berbelanja sekaligus menyimpan bahan makanan.

Berbelanja bahan makanan

Bahan makanan yang bersih tidak hanya didapat dari mencucinya dengan cairan antiseptik berulang kali. Ternyata bagaimana B’timers berbelanja juga menentukan kebersihan bahan makanan Anda, lho! Bila Anda berbelanja menggunakan keranjang atau troli belanja, pastikan memilih yang terbersih. B’timers mungkin terbiasa membawa tas sendiri selama berbelanja, usahakan tas tersebut bersih dengan rajin mencucinya. Tas yang digunakan berkali-kali tanpa dicuci akan menjadi sumber bakteri.

Tips Belanja & Bersihkan Makanan Demi Kesehatan  | Breaktime
Perhatikan kemasan dan tanggal kedaluarsa makanan, ya!

B’timers juga harus berhati-hati dalam memilih bahan makanan selama berbelanja. Usahakan mendaftar setiap bahan makanan yang akan dibeli untuk penghematan budget belanja lebih baik. Pilih sayur dan buah yang masih segar dan memiliki permukaan mulus. Bila Anda menggunakannya langsung, lubang sedikit pada makanan bukanlah masalah besar. Pastikan kemasan produk yang Anda pilih masih dalam kondisi utuh dan normal. Kemasan rusak berarti memungkinkan bakteri masuk ke dalam makanan.

Menyimpan bahan makanan

B’timers dapat mengandalkan lemari pendingin untuk menjaga kesegaran maupun umur panjang dari bahan makanan yang sudah Anda beli. Anda dapat menyimpan daging, sayur, buah, hingga roti di dalam lemari pendingin. Beberapa makanan mungkin justru tidak cocok disimpan di dalam kulkas, carilah tempat di dapur Anda yang sejuk dan gelap untuk menyimpan bahan makanan anti-lemari pendingin tersebut.

Baca juga : Kenali Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Mampir di Kulkas

Tips Belanja & Bersihkan Makanan Demi Kesehatan  | Breaktime
Bahan makanan segar juga menyehatkan untuk buah hati Anda

B’timers sebaiknya juga memisahkan makanan yang mudah mempengaruhi makanan lain jadi busuk. Anda dapat mengganti plastik pembungkus makanan dengan yang baru sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Memindahkan ke dalam wadah plastik yang anti tumpah juga dapat menjaga lemari pendingin Anda tetap bersih sepanjang hari. Cermati setiap tanggal kedaluarsa bahan makanan Anda sehingga B’timers dapat mengolahnya sesuai prioritas.

Belanja dan menyimpan bahan makanan menjadi bagian penting menjaga kebersihan masakan yang Anda olah. Semoga membantu, B’timers! (ft)

Share This Article