Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi | Breaktime
Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi
06.10.2016

Bagi B’Timers yang memasak nasi dengan menggunakan perangkat rice cooker, pasti pernah mengalami masalah dimana nasi yang Anda masak cepat sekali menjadi basi. Memasak dengan menggunakan rice cooker memang praktis, namun tanpa Anda sadari perangkat elektronik tersebut juga ikut berperan dalam cepatnya nasi menjadi basi. Akan tetapi, B’Timers tidak perlu khawatir! Dengan memperhatikan dan melakukan proses memasak nasi yang benar, Anda tidak perlu lagi membuang-buang nasi basi. Berikut adalah tips agar nasi tidak cepat basi dengan menggunakan rice cooker.  

  • Pastikan takaran air dan beras sesuai. Dalam hal ini, sebaiknya jangan sampai takaran air yang Anda gunakan terlalu banyak karena dapat menghasilkan nasi yang lembek. Kandungan air yang tinggi pada nasi yang lembek ditambah dengan paparan suhu panas yang terus menerus dihasilkan oleh rice cooker membuat nasi menjadi overcooked dan menyebabkan bakteri tumbuh dengan subur dan mempercepat proses pembusukan nasi. 
  • Tambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon pada rendaman beras sebelum Anda memasaknya. Fungsi dari perasan air jeruk lemon ini adalah untuk melindungi permukaan nasi dari hawa panas yang dihasilkan oleh rice cooker sehingga warna nasi tetap putih cerah dan berbau harum. Selain itu, kandungan asam yang terdapat di dalam perasan jeruk lemon dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan nasi cepat basi, sehingga nasi yang Anda masak menjadi lebih tahan lama.
  • Tips agar nasi tidak cepat basi yang terakhir adalah, segera setelah Anda mendengar suara dari rice cooker yang mengindikasikan nasi sudah matang, buka rice cooker dan aduk-aduk nasi untuk mengeluarkan uap yang berasal dari bawah. Uap nasi tersebut harus dikeluarkan karena apabila ia dibiarkan terperangkap di dalam maka akan menghasilkan air yang mempercepat pertumbuhan bakteri sehingga mengakibatkan nasi basi lebih cepat. 
Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi | Breaktime
Aduk nasi yang sudah matang untuk mengeluarkan uapnya

Demikian, B’Timers! Anda dapat melakukan tips-tips agar nasi tidak cepat basi di atas setiap kali Anda memasak nasi. Tentunya Anda perlu memperhatikan hal-hal lain seperti kebersihan wadah rice cooker dan jenis beras. Selamat mencoba! (dkp)

Share This Article