Tips Nasi Tak Cepat Kering & Olahan Terenaknya | Breaktime
Tips Agar Nasi Tak Cepat Kering Plus Olahan Nasi Terlezat
08.07.2015

Nasi adalah makanan pokok kita yang tak pernah bisa ditinggalkan. Tentu B’timers juga punya rice cooker sendiri di rumah untuk memasak nasi, bukan? Namun, kadang yang jadi masalah adalah nasi cepat kering sehingga tak lagi bisa dikonsumsi. Nah, biar nasi di rice cooker tak cepat kuning dan mengering, ada trik-triknya, nih.

Sebaiknya, masak nasi secukupnya atau dengan takaran sekali santap. Paling tidak, masak nasi untuk makan satu hari ini agar nasi tetap pulen dan segar. Selain itu, saat nasi sudah matang, segera aduk-aduk nasi agar uap air pada sela-sela nasi bisa tersebar merata. Dengan begitu, nasi takkan cepat kering. Nah, kalau sudah, kini saatnya mengintip inspirasi olahan nasi yang lezat!

Mexican Rice

Masakan nasi a la Meksiko dengan jalapeno
Masakan nasi a la Meksiko dengan jalapeno

Sajian khas dari Meksiko ini memadukan nasi dengan tomat, bawang putih, jalapeno, canola oil, bawang bombai, daging ayam, pasta tomat, seledri cincang dan perasan lemon. Masak beras mentah dengan seluruh bahan hingga menjadi nasi yang matang dengan bumbu yang meresap.

Spanish chicken and rice bake

Nasi ayam dengan kacang hitam yang gurih
Nasi ayam dengan kacang hitam yang gurih

Bahan nasi ini adalah krim sup ayam, salsa, biji jagung, dada ayam tanpa tulang, bubuk cabai, keju cheddar parut dan kacang hitam. Campurkan beras dengan krim sup ayam, air, jagung dan kacang hitam. Taruh ayam berbumbu garam dan merica di atasnya, taburi bubuk cabai. Panggang selama 45 menit. Sajikan dengan taburan keju.

Crock pot chops

Sajian nasi penuh rempah dan kaya rasa
Sajian nasi penuh rempah dan kaya rasa

Bahan masakan ini adalah beras, daging ayam, bawang merah, seledri, cabai hijau, tomat rebus, saus tomat, cuka sari, gula merah, saus Inggris, perasan lemon, kaldu daging balok, tepung kanji dan air. Masukkan semua bahan ke panci, masak dengan api kecil selama 5 ½ jam, masukkan larutan tepung kanji, aduk, masak lagi 30 menit.

Lemon rice

Olahan nasi denga cita rasa gurih, asam dan segar
Olahan nasi denga cita rasa gurih, asam dan segar

Masakan ini berbahan beras, kaldu ayam, air lemon, butter atau mentega, kemangi kering, parutan lemon dan bumbu lemon pepper. Campurkan semua bahan kecuali lemon pepper dalam penggorengan, didihkan, kecilkan api. Tutup penggorengan, biarkan 20 menit atau hingga seluruh air terserap. Sajikan dengan taburan lemon pepper dan udang rebus. Marvelous!

Hm, tidakkah B’timers tergoda untuk mencicipi berbagai olahan nasi di atas? Bisa masak sendiri di rumah, ya.

Share This Article