Tikus Jadi Masakan India Paling Lezat, Benarkah? | Breaktime
Tikus Jadi Masakan India Paling Lezat, Benarkah?
10.08.2017

Masakan India memang sudah populer di kalangan food lovers seluruh dunia. Pada kenyataannya bukan hanya makanannya yang terkenal. Tetapi juga tradisi masyarakatnya yang cukup unik. India sendiri terbagi menjadi empat wilayah geografis, yaitu timur, barat, selatan, dan utara. Jelas masing-masing wilayahnya memiliki budaya yang berbeda. Salah satunya dari cara menikmati sebuah hidangan.

Jangan heran jika untuk cara makan saja mereka memiliki tradisi yang berbeda. Namun, tradisi makan yang paling unik datang dari selatan. Di tengah kemajuan global sekarang ini, masyarakat India bagian selatan justru lebih memilih untuk mempertahankan cara ini untuk makan. Lalu, apa yang mereka lakukan ketika menyantap sebuah hidangan?

Tikus Jadi Masakan India Paling Lezat, Benarkah? | Breaktime
Etika makan di India selatan yang dianggap unik
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Ajaib Atasi Payudara Bengkak Ibu Menyusui!

Mungkin hal yang dilakukan oleh masyarakat India selatan ini sudah biasa dilakukan oleh masyarakat kita. Namun tidak di sana, mereka justru menganggap hal ini sangat unik. Orang-orang di India selatan makan tanpa menggunakan sendok dan garpu. Mereka menyantap makanan hanya menggunakan tangan.

Ternyata cara mereka makan bukan tanpa alasan. Makan dengan tangan yang bersih rupanya memberi jaminan kebersihan lebih baik dibandingkan dengan makan dengan sendok di restoran. Alasan yang kedua hanya karena sensasinya yang berbeda dari lainnya. Makan dengan tangan mampu melatih sensitivitas empat organ bekerja bersamaan. Saat menu dihidangkan, empat indera akan bekerja, mata menatap, hidung mencium aroma, lidah merasakan masakan, dan tangan memberi sensasi sentuhan.

Selain tradisi makan yang ‘dirasa’ unik, India juga punya makanan dengan citarasa yang khas. India identik dengan masakan yang diolah dengan banyak rempah. Teknik penyajian makanan di India juga sama saja seperti di negara lainnya. Mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutupnya.

Untuk makanan pembuka, Anda harus mencoba Samosa yang merupakan adonan kulit tepung dengan isian seperti kentang, bawang bombai, kacang-kacangan, dan banyak lainnya. Selain itu, Anda juga harus mencoba Aloo Tikki yang merupakan masakan India mirip kroket.

Tikus Jadi Masakan India Paling Lezat, Benarkah? | Breaktime
Pulao jadi menu utama di India
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gurihnya Kari Dalam Indian Butter Chicken

Nah, kalau menu utama Anda pasti sudah nggak asing lagi, yaitu Biryani dan Pulao. Biryani adalah nasi yang dimasak dengan beragam rempah, sayur, dan daging. Sedangkan Pulao adalah nasi yang dimasak dengan kaldu. Apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan dari Biryani dan Pulao adalah cara memasaknya. Kalau Biryani, nasi dan dagingnya dimasak secara terpisah, sebelum akhirnya dimasak bersamaan. Kalau Pulao, nasi dan dagingnya dimasak secara bersamaan. Hal itu pula yang membuat citarasa Biryani lebih kuat dibandingkan dengan Pulao.

Setelah makanan utama, Anda bisa juga menikmati menu pelengkap. Apa saja menu pelengkapnya? Ada Chutney dan Raita. Chutney berupa potogan acar atau buah yang dihaluskan menjadi saus. Biasanya dimakan bersama dengan roti atau nasi. Berbeda dengan Chutney, Raita adalah masakan India berbahan dasar yogurt atau dahi. Bisa dimakan dengan Pulao atau Biryani.

Terakhir adalah dessert orang India yaitu Rasgulla. Ini adalah bola-bola yang terbuat dari adonan tepung semolina dan chhena yang merupakan salah satu jenis keju India. Kemudian dimasak dengan sirup gula. 

Tikus Jadi Masakan India Paling Lezat, Benarkah? | Breaktime
Di India bahkan ada tradisi makan tikus
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Varian Roti Tradisional India yang Wajib B’timers Coba

Tapi ternyata tak hanya itu saja, karena India juga punya makanan ekstrem yang bikin bergidik. Di suku-suku timur laut India seperti suku Adi dan Apatani, makan daging tikus adalah hal yang lumrah. Tak bisa dipastikan sejak kapan mereka mengonsumsi daging tikus. Namun yang jelas alasannya bukan karena mereka kekurangan bahan pangan, tetapi justru mereka beranggapan bahwa daging tikus sangat lezat.

Bahkan di sana ada banyak strategi untuk berburu tikus. Salah satunya adalah menggunakan bambu dengan seutas tali dari kulit pohon yang digunakan untuk menjerat tikus yang terpancing umpan. Bisa juga dengan menggunakan arang sekam yang diletakkan di dalam bumbung bambu untuk menghasilkan asap. Kemudian asapnya ditiupkan ke dalam liang tikus agar tikus keluar dan mati lemas.

Jadi masakan India mana, nih yang jadi favorit Anda? Atau berani coba menyantap kelezatan daging tikus? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE