Saat Puasa, Santap 4 Menu Ini Saat Sahur | Breaktime
Tetap Bertenaga saat Puasa, Santap 4 Menu Ini Saat Sahur
18.06.2015

Lemas dan lapar di siang hari saat bulan puasa tentu akan mengganggu aktivitas Anda, ya. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa dicegah dengan memilih menu-menu ‘ajaib’ saat sahur yang bisa membuat B’timers tetap bertenaga. Apa saja? Simak di sini informasinya:

Karbohidrat kompleks

Pilih  olahan kentang untuk sahur
Pilih olahan kentang untuk sahur

Menurut Dr. Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Africa, makanan seperti halnya gandum, beras merah, nasi putih, dan juga kentang rebus, sangat bagus dikonsumsi saat sahur. Makanan-makanan ini kaya akan karbohidrat kompleks yang akan membuat Anda tetap bertenaga seharian.

Buah-buahan

Buah pisang kaya potasium yang baik untuk kebugaran tubuh
Buah pisang kaya potasium yang baik untuk kebugaran tubuh

Siapa bilang makan buah saat sahur menyebabkan sakit perut? Justru, buah-buahan seperti halnya pisang, apel, dan juga jeruk yang tinggi kandungan potasium serta serat, sangat baik dikonsumsi saat sahur untuk mencegah konstipasi.

Air

Hidrasi tubuh dengan minum air yang cukup
Hidrasi tubuh dengan minum air yang cukup

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, jadi tak heran saat puasa Anda akan lebih mudah merasa haus. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih dengan jumlah cukup pada saat sahur. Hindari minuman yang tinggi glukosa karena justru akan membuat Anda cepat lelah dan lemas saat beraktivitas.

Makanan tinggi serat

Sediakan roti gandum untuk menu sahur
Sediakan roti gandum untuk menu sahur

Selain buah dan sayuran yang bisa Anda andalkan sebagai pasokan serat, bahan makanan yang terbuat dari gandum juga tak boleh dilupakan. Makanan tinggi serat seperti gandum akan diproses dalam tubuh secara perlahan, dan hal inilah yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi protein

Olahan ayam tanpa kulit nan lezat untuk sahur
Olahan ayam tanpa kulit nan lezat untuk sahur

Ayam tanpa kulit, ikan salmon, tenggiri, dan juga low-fat dairy product, merupakan beberapa bahan makanan yang kaya akan protein. Selain dapat menjadi bahan cadangan energi saat puasa, makanan tersebut juga akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan yang rusak di dalam tubuh.

B’timers, jadikan sahur Anda sebagai awal yang sempurna untuk memulai puasa esok hari, ya!

Share This Article