Testis & Bola Mata, Lezatnya Kuliner Aneh Dunia | Breaktime
Testis & Bola Mata, Lezatnya Kuliner Aneh Dunia
04.12.2017

Setiap budaya memiliki khazanah kuliner yang berbeda satu sama lain. Makanan yang terbilang lezat dan dibanggakan di budaya tertentu bisa jadi dianggap aneh bagi lidah orang lain. Demikian juga dengan olahan bahan pangan tertentu yang menjadi ciri khas kuliner masing-masing negara dan latar belakang budaya. Tak heran bahwa negara kepulauan identik dengan makanan olahan laut, sama halnya dengan aneka olahan hewan ternak pada negara yang mata pencaharian utamanya berasal dari menggembala hewan ternak.

Mengenal budaya asing tentunya kurang seru tanpa menjelajahi ragam wisata kuliner yang tak kalah unik. Tak hanya berbagai citarasa manis yang kental pada masakan Jawa Tengah maupun citarasa pedas pada ragam kuliner Padang, aneka hidangan dari seluruh penjuru dunia menawarkan keunikan dari berbagai citarasa yang tak biasa serta bahan utama yang menggelitik hingga menjijikkan. Secara umum, makanan dari Benua Asia terbilang aneh, sebut saja beragam jenis serangga yang dijadikan kuliner lezat di negara-negara Timur. Tak hanya Asia, negara-negara di Eropa dan Amerika rupanya juga memiliki kuliner aneh tersendiri, dengan menawarkan kelezatan yang tak terduga.

Dari dataran Tiongkok, terdapat kuliner unik yang sering disebut sebagai century egg atau telur ribuan tahun. Makanan yang dalam bahasa Mandarin disebut sebagai telur Pidan tersebut dibuat dengan teknik yang sekilas menyerupai telur asin yang banyak dijumpai di Indonesia. Bedanya, telur ribuan tahun yang biasa berasal dari telur puyuh, ayam, atau bebek tersebut akan diawetkan dalam campuran abu, tanah liat, dan garam selama beberapa bulan, jauh lebih lama dari telur asin lokal. Meski tak benar-benar berusia ribuan tahun, century egg memakan waktu produksi yang cukup lama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Hanya Kopiko, Produk Ini Juga Mendunia, lho!

Proses pengawetan yang relatif lama tersebut akan mengubah bagian putih telur menjadi seperti jelly berwarna coklat kehitaman semi-transparan. Bagian kuning telur, sebaliknya, berwarna hijau gelap hingga kehitaman. Setelah dikupas, telur ribuan tahun akan menguarkan aroma busuk berkat kuatnya unsur sulfur dan amonia. Dengan citarasa yang tak jauh beda dari telur rebus, telur ribuan tahun juga menyisakan bau yang cenderung tak sedap pada mulut B’timers usai mengkonsumsinya. 

Testis & Bola Mata, Lezatnya Kuliner Aneh Dunia | Breaktime
Bola mata ikan tuna

Masih dari dataran Asia, Jepang memberikan sensasi kuliner unik yang berasal dari ikan tuna. B’timers tentu sudah paham bahwa ikan tuna terkenal bergizi dan memiliki citarasa lezat. Namun tahukah Anda bahwa penduduk Jepang juga mengkonsumsi bola mata ikan tuna? Ikan tuna Jepang dengan ukuran relatif besar tentu menyisakan bola mata yang berukuran sama besar, yakni sekitar sebesar kepalan tangan manusia dewasa. Bulatan bertekstur lunak dan licin tersebut biasa disajikan dalam olahan sup dan hidangan kuliner tradisional lainnya. Dijual di aneka toko kelontong dengan harga mulai dari US$1, bola mata ikan tuna konon memiliki kelezatan khas olahan laut yang menyerupai cumi atau gurita.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Aneh di Dunia Ini Bikin Geleng Kepala

Dari negeri Paman Sam, terdapat menu andalan setempat yang bertajuk Rocky Mountain oysters. Alih-alih terbuat dari tiram seperti namanya, makanan tersebut justru diolah dari testis hewan ternak berukuran besar seperti banteng atau kerbau. Hidangan yang cukup populer dinikmati oleh penduduk Amerika dan Kanada tersebut dibuat dari testis yang dikuliti lalu dikukus hingga matang. Testis banteng atau kerbau tersebut biasanya akan disajikan dengan cara digoreng berbalut tepung, garam, dan merica atau dengan tambahan saus cocktail. Rocky Mountain oysters dipercaya sebagai afrodisiak dan menjadi cara yang cukup efektif untuk memastikan bahwa taka da satupun bagian dari binatang ternak yang terbuang percuma. 

Testis & Bola Mata, Lezatnya Kuliner Aneh Dunia | Breaktime
Olesan vegemite pada roti bakar mentega

Makanan aneh nan lezat yang satu ini bisa jadi bukan merupakan makanan utama. Marmite yang berasal dari Inggris, atau yang dikenal juga dengan Vegemite di Australia dan Selandia Baru, merupakan produk selai yang terbuat dari ekstrak ragi atau brewing yeast yang biasa digunakan dalam proses penyulingan bir. Pasta coklat kehitaman tersebut memiliki citarasa asin agak pahit yang cenderung kuat dan terbilang aneh bagi yang tak terbiasa. Meski merupakan produk sampingan dari brewing yeast untuk menmproduksi bir, marmite atau vegemite telah mendapatkan stempel halal dari berbagai lembaga pangan Islam karena telah terbukti bebas kandungan alkohol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Dapur Tetap Bersih Seperti Dapur Restoran

Marmite atau vegemite biasa disajikan sebagai olesan pelengkap pada roti bakar, selain mentega dan alpukat. Vegemite Australia konon kaya akan vitamin B serta rendah sodium. Meski citarasa asinnya sangat kuat, vegemite sejatinya memiliki kandungan sodium yang sama banyaknya pada 2 iris roti tawar maupun semangkuk sereal. Agar bisa dapat menyantap roti oles vegemite dengan nikmat, B’timers dapat mengoleskan vegemite tipis-tipis pada roti bakar beroles mentega. Nah, B’timers, makanan aneh manakah yang tak sabar ingin Anda cicipi kelezatannya? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE