Ini Trik Rahasia Agar Kue Bisa Seenak Resep! | Breaktime
Ternyata, Ini Trik Rahasia Agar Kue Bisa Seenak Resep
15.01.2016

Oh, no! Setiap memanggang kue selalu saja hasilnya mengecewakan. Tidak bisa mengembang, terlalu bantat, atau cookies yang sekeras papan dan gosong. Padahal menurut Anda sudah mengikuti resep yang ada di catatan, tapi mengapa sulit sekali mendapatkan kue yang benar-benar enak.

Jika bicara masalah memanggang, tidak akan berpengaruh apakah Anda seorang pastry chef yang menggunakan dapur serba modern, atau ibu rumah tangga dengan oven sederhana, ketepatan merupakan kuncinya. Jika di dalam resep tertulis, butter dingin, Anda harus menggunakan butter dingin. Ada caranya bagaimana menjadi master dalam membuat kue yang sempurna.

Ini Trik Rahasia Agar Kue Bisa Seenak Resep! | Breaktime
Perhatikan waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

1.Timing is everything

Catatan waktu dalam memanggang apapun bukan merupakan saran utama, B’timers. Dan mungkin, Anda selama ini mengira, bahwa semakin lama mengaduk adonan, semakin baik. Jika adonan kue Anda mengembang tapi kemudian menyusut, tandanya Anda terlalu lama mengocok telur.

Tapi ternyata timing tidak selalu berarti melihat jam. Intinya, selalu cek adonan yang Anda panggang. Bisa menggunakan tusuk gigi, atau dari warna permukaan kue.

2.Cek suhu butter

Jika adonan Anda rusak, tandanya kondisi butter tidak sesuai. Contohnya, ketika memanggang cookies atau cakes, di mana dibutuhkan butter dengan suhu ruangan, dan butter yang Anda gunakan terlalu lembek, hasil kue keringnya akan melebar dan untuk cake tidak dapat mengembang.

Untuk butter yang bagus atau sesuai dengan suhu ruangan, ketika Anda menekannya tidak akan meleleh dan juga tidak terlalu keras.

3.Timbang semua bahan dengan hati-hati

Anda tidak akan percaya, bahwa bahan-bahan yang tidak ditimbang dengan benar dapat membuat kue jauh dari sempurna. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terulang, mulailah menimbang dengan benar dan akurat. Karena kesalahan sekecil apapun akan mempengaruhi hasil akhir kue Anda.

Banyak resep yang menggunakan ukuran sendiri. Seperti Amerika menggunakan cups dan spoons, karena itu Anda harus benar-benar teliti ketika menimbang.

Ini Trik Rahasia Agar Kue Bisa Seenak Resep! | Breaktime
Dari resep yang ada, Anda bisa mencoba membuat kue yang lain

4.Jangan takut bereksperimen

Ketika benar-benar kehabisan persediaan untuk membuat kue, jangan takut menggunakan bahan lain untuk menggantikan bahan utama dari buku resep Anda. Seperti misalnya, untuk mendapatkan hasil yang sama dengan brown sugar, Anda bisa mencampurkan gula pasir dengan sirup gula.

Well, intinya agar mendapatkan kue buatan rumah yang seenak resep, Anda harus memperhatikan keakuratan resep dan waktu memanggang. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Anda enggan mencoba resep baru dari ide sendiri, ya, B’timers? (NO)

Share This Article