Ternyata Ini Penyebab Anda Gagal Membuat Popcorn | Breaktime
Ternyata Ini Penyebab Anda Gagal Membuat Popcorn
17.02.2016

Popcorn merupakan camilan kegemaran semua orang. Tinggi serat, enak, dan tidak menyebabkan gemuk! Manis atau gurih, tidak ada bedanya karena rasanya tetap saja enak. Tapi berapa kali Anda kecewa karena selalu gagal membuat makanan ringan itu di rumah, B’timers?

Dan, ternyata untuk menikmati popcorn seenak di bioskop, Anda tidak memerlukan mesin pembuat popcorn, kok. Cukup dengan alat yang Anda miliki di dapur, dengan bahan sederhana, lho. Cek yuk, sebenarnya apa sih, penyebab gagal membuat popcorn selama ini?

1.Menggunakan high-smoke-point oil

Mungkin selama ini Anda menganggap bahwa hanya minyak biji anggur, minyak kacang atau minyak canola yang akan membuat popcorn buatan rumah menjadi sempurna. Tetapi sebenarnya, minyak beraroma seperti zaitun atau minyak kelapa, bahkan ghee mampu membuat popcorn Anda seenak yang dijual di bioskop kesayangan, lho.

2.Api besar

Jika ingin popcorn Anda cepat matang, dan tidak ingin menggosongkan biji jagung, jangan gunakan api besar, B’timers! Sesaat setelah terdengar letupan pertama, kecilkan api dari ukuran medium-high ke ukuran medium atau medium-low. Dengan demikian, Anda akan memberikan biji jagung cukup waktu untuk mengembang tanpa membuat popcorn lain yang sudah matang gosong.

Ternyata Ini Penyebab Anda Gagal Membuat Popcorn | Breaktime
Gunakan api medium-low saat memasak popcorn

3.Set it and forget it

Popcorn tidak dapat memasak dirinya sendiri. Dan salah satu penyebab gagal membuat popcorn adalah meninggalkannya di atas kompor. Anda harus mengeceknya setiap saat untuk memastikan popcorn Anda matang sempurna. Setiap menit atau lebih, pastikan Anda mengocok panci atau kantong kertas jika menggunakan microwave.

4.Menggunakan heavy-bottomed pot

Memang penting untuk menggunakan panci seperti heavy-bottomed pot. Tapi Anda tentunya ingin menghindari lapisan panci yang terkelupas saat memasak biji jagung. Apalagi saat biji jagung tersebut mulai mengembang, hasilnya bisa jadi akan mengejutkan Anda, B’timers. Jadi, daripada menggunakan panci dengan lapisan, gunakan wajan yang biasa Anda pakai memasak sehari-hari.

5.Memberi rasa

Entah apakah itu keju parmesan, togarashi atau hanya menggunakan garam biasa, Anda pasti ingin popcorn yang rasanya merata. Tapi, jika Anda membumbui popcorn di dalam panci langsung di atas api yang masih menyala, maka bumbu hanya akan tertinggal di dasar dan tutup panci Anda. Jadi, angkat tutup panci, tuangkan popcorn matang ke dalam mangkuk, bumbui, kocok, dan waktunya menikmati!

Itulah beberapa penyebab gagal membuat popcorn di rumah, B’timers. Setelah ini Anda pasti sudah tidak sabar untuk menghidangkan camilan menggiurkan ini untuk buah hati tercinta, bukan? (NO)

Share This Article