Ternyata ini Cara Memotong Bawang yang Benar | Breaktime
Ternyata ini Cara Memotong Bawang yang Benar, B’timers
27.02.2016

Apakah Anda tahu bagaimana memotong bawang, B’timers? Terdengar cukup sederhana, dan mungkin Anda berpikir itu hanya pertanyaan dari orang yang tidak memiliki otak. Well, memang banyak orang di luar yang memiliki keterampilan memasak yang cukup mengesankan. Dan itu suatu kebanggaan tersendiri.

Sayangnya, seni memasak semakin menghilang, karena orang mulai bergantung pada bumbu instan. Dan memotong bawang menjadi salah satu kegiatan yang dihindari. Karena meskipun merupakan pekerjaan dapur yang paling sering dilakukan, tapi banyak yang tidak menyukai rasa pedas yang menyerang mata. Anda juga, B’timers? Tapi seandainya Anda mengetahui cara yang tepat, mungkin tidak akan membenci tugas yang satu ini.

Hindari beberapa kesalahan memotong bawang yang sering dilakukan berikut ini:

1.Menggunakan pisau tumpul

Seorang koki berkelas sekalipun tidak akan berkutik tanpa pisau dapur. Luangkan waktu Anda untuk mengumpulkan saran dalam memilih pisau dapur yang baik. Selain membuat pekerjaan Anda lebih mudah, juga akan lebih aman.

2.Memotong secara horizontal

Banyak tutorial online yang mengajarkan teknik memotong bawang secara horizontal. Dengan cara ini, Anda justru akan meningkatkan resiko untuk melukai jari atau tangan, B’timers. Selain itu bawang sudah memiliki tekstur alami yang seharusnya memudahkan kita memotong. Jadi, sebaiknya hindari teknik ini.

Ternyata ini Cara Memotong Bawang yang Benar | Breaktime
Hindari cara memotong seperti ini

3.Memotong ujung akar terlebih dahulu

Ini merupakan kesalahan yang selalu dilakukan orang. Memang bagian jelek dari bawang menjadi bagian pertama yang disingkirkan. Karena siapa yang mau memakan akar bawang? Tapi, dengan menghilangkan bagian ujung akar bawang, artinya Anda membuang lem yang membuat memotong bawang menjadi mudah.

Bagaimana memotong bawang dengan cepat dan aman?

Nah, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara memotong bawang dengan mudah dan aman tentunya. Pertama gunakan pisau tajam, ya, B’timers? Lalu potong bawang menjadi 2 bagian. Pastikan Anda masih membiarkan ujung akar menempel pada bawang. Lalu potong ujung pangkal bawang dan kupas kulit terluarnya. Selanjutnya Anda bisa memotong memanjang, tanpa melewati akar bawang.

Jika Anda menginginkan potongan yang lebih kecil, perhatikan jarak pisau saat memotong. Baru setelah itu potong melintang jika Anda ingin memotong dadu bawang. Setelah itu, Anda bisa membuang bagian ujung akar bawang.

Ternyata ini Cara Memotong Bawang yang Benar | Breaktime
Jangan potong bagian akar

Anda bisa menggunakan teknik yang sama jika ingin mengiris panjang bawang. Intinya jangan potong bagian ujung akarnya, sebelum selesai memotong, ya, B’timers? Lalu bagaimana untuk menghindari mata pedih saat memotong bawang? Rahasia dari sebuah restaurant Perancis, Anda harus memotong 50 pon bawang setiap hari, dan mata baru tidak akan terasa pedih lagi. (NO)

Share This Article