Gyoza dan Potstickers Berbeda, Lho! Apa Bedanya? | Breaktime
Ternyata Gyoza dan Potstickers Berbeda, Lho! Apa Bedanya?
18.01.2016

Bagi B’timers penikmat makanan Asia pasti sudah akrab dengan berbagai macam jenis pangsit. Ternyata Cina merupakan negara pelopor original dari Asian dumplings, dengan sebutan “zhiao ji” dalam bahasa Mandarin. Jenisnya pun beragam, ada gyoza, wontons, potstickers, dan mandu. Anda dapat menemuinya di restoran-restoran, kadang juga tersedia dalam bentuk beku.

Sayangnya penamaan dalam kemasan beku terkadang membuat bingung. B’timers pasti menemukan beberapa produk yang melabeli dengan “gyoza potsticker” seakan kedua makanan ini adalah sama. Padahal berbeda lho, B’timers!

Gyoza dan Potstickers Berbeda, Lho! Apa Bedanya? | Breaktime
Coba tebak, ini gyoza atau potsticker ya?

Gyoza

Gyoza dan Potstickers Berbeda, Lho! Apa Bedanya? | Breaktime
Tentara Jepang jatuh cinta pada rasanya

Gyoza merupakan pangsit tipis dengan isian daging giling dan sayuran. Tipe gyoza dibedakan menjadi tiga berdasarkan cara memasaknya, yaitu yaki gyoza (pan-fried gyoza), sui gyoza (gyoza rebus), dan age gyoza (deep fried gyoza). Biasanya gyoza dinikmati dengan saus kecap asin dan cuka. Penambahan bubuk cabai juga disarankan bagi Anda yang mengingkan saus yang lebih pedas.

Tahukah B’timers bahwa sebenarnya gyoza merupakan duplikasi zhiao ji dari Cina? Bahkan penyebutan nama antara zhiao ji dan gyoza hampir mirip. Saat Perang Dunia Ke-II, tentara Jepang yang menetap di Manchuria, Cina Utara, merasakan pertama kali lezatnya zhiao ji. Sepulangnya mereka ke tanah kelahirannya, mereka ingin membuat masakan menyerupai zhiao ji karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan rasa khasnya. Oleh karena itu, di Jepang muncullah pangsit yang mirip sekali dengan zhiao ji di Cina, dan dikenal dengan sebutan gyoza.

Potstickers

Gyoza dan Potstickers Berbeda, Lho! Apa Bedanya? | Breaktime
Hidangan lezat untuk seluruh anggota keluarga

Potsticker merupakan salah satu jenis spesifik dari zhiao ji. Hanya saja cara memasaknya yang berbeda. Penemu potsticker awalnya ingin merebus zhiao ji dalam panci, namun karena terlalu lama ditinggalkan, air yang ada dalam panci menyusut dan menyebabkan zhiao ji menempel pada dasar panci. Kenapa disebut potsticker, ya? Dalam bahasa Cina, potstickers ternyata berarti “menempel pada panci” lho!

Perbedaan gyoza dengan potsticker adalah pada ukurannya. Untuk gyoza dibentuk untuk satu kali gigitan sehingga cenderung berukuran lebih kecil, lebih tipis, dan isiannya lebih halus. Sedangkan potsticker yang berukuran medium memang difokuskan untuk dua-tiga kali gigitan. Selain itu, kulit pembungkus gyoza dan potsticker juga berbeda.

Untuk potsticker biasanya tebal sehingga ketika dimasak menghasilkan kulit yang krispi di luar namun lembut di dalam. Dibandingkan dengan potsticker, gyoza memiliki kulit lebih tipis dan lebih berfokus pada kelezatan isiannya.

Wah ternyata beda, ya, antara gyoza dan potsticker! Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengonsumsi makanan lezat satu ini, kan? Untuk cara memasak dan memasak kedua makanan ini hampir sama, kok. Sajikan bersama kecap asin dan cuka, juga bisa tambahkan potongan cabai rawit. Selamat menikmati pangsit favorit Anda bersama keluarga! (ft)

Share This Article