Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar! | Breaktime
Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar!
18.04.2017

Teh adalah minuman yang paling banyak jadi favorit masyarakat. Ini karena teh mampu menjadi bahan untuk membuang racun dalam tubuh atau detox. Tak hanya itu, teh juga salah satu minuman yang sangat mudah penyajiannya. Teh juga dijual di banyak warung-warung kecil atau bahkan di restoring. Hanya saja Anda pasti sering merasakan bahwa rasa teh di setiap tempat selalu berbeda. Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal, misalnya jenis teh yang digunakan atau cara penyajian yang kurang tepat.

What? Benarkah teh harus melalui cara penyajian yang tepat? Yap, ternyata untuk menyeduh teh tidak bisa sembarangan. Nah, Breaktime telah berhasil merangkum cara yang benar membuat atau menyeduh teh untuk membuat pagi dan sore Anda lebih hangat. Cara ini tentu berasal dari seorang tea specialist yang sudah 10 tahun berkecimpung dalam dunia teh, yaitu Ratna Sumantri.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah air. Ternyata air menjadi faktor yang sangat penting untuk membuat cita rasa daun teh pilihan tetap wangi dan khas. Sebaiknya menggunakan air kemasan atau air yang telah disterilkan. Hindari untuk menggunakan air ledeng, karena aromanya akan terus menempel pada teh. Percampuran aroma teh dan air ledeng yang menjadi satu bisa memberikan  aroma baru yang kurang menggoda.

Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar! | Breaktime
Pilih daun teh yang berkualitas

Baca juga : HII! BERANI COBA KULINER EKSTRIM DARI FIRE PAAN?

Setelah menentukan air yang akan digunakan. Anda juga harus memilih daun teh yang baik untuk dikonsumsi. Caranya adalah dengan mencium daunnya dan melihat daun tehnya secara fisik. Hindari daun teh dengan bau yang tidak segar dan terlihat kusam.

Suhu air juga harus diperhatikan, lho B’timers. Jangan menyeduh teh dengan air yang mendidih. Ternyata tidak semua jenis teh bisa diseduh dengan menggunakan air mendidih. Misalnya saja teh oolong atau teh hijau. Kedua jenis teh ini kualitasnya akan rusak jika diseduh dengan suhu air yang terlalu panas. Air mendidih ternyata sangat baik untuk menyedih teh hitam. Sedangkan untuk jenis teh lainnya suhu air harus berada pada 70 – 90 derajat Celcius.

Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar! | Breaktime
Jenis teko keramik akan mempertahankan aroma dan rasa teh

Baca juga : IRIS BAWANG BIKIN MEWEK? NYALAKAN LILIN YUK

Nah, untuk teko yang digunakan akan lebih baik jika berbahan keramik. Jika Anda menggunakan bahan logam, maka aromanya akan menempel pada teh dan bercampur. Saat menyeduh, rasa yang keluar juga tidak segar dan tidak terlalu nikmat.

Sebelum menyeduh, teko keramik yang akan digunakan sebaiknya direndam dulu dengan air panas bersuhu 70 derajat Celcius. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan suhu air sebelum dan saat diseduh. Tak hanya itu, tujuan lainnya juga agar teko tetap bersih dari debu atau kotoran lainnya.

Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar! | Breaktime
Cara menuangkannya juga harus tepat

Baca juga : SATU PISANG GORENG SAMAKAH DENGAN SEPIRING NASI?

Setelah semua selesai, tuangkan teh dengan cara memutar. Jangan sampai memenuhi teko. Setelah itu, tutup teko dengan rapat selama 3 manit untuk membuat daun teh terbuka. Jangan lebih dari 3 menit karena akan membuat warna lebih pekat dan rasanya jadi lebih pahit. Hal ini juga berlaku untuk teh celup.

Setelah itu, tuangkan kembali teh ke dalam cangkir. Cara menyeduhnya pun juga hampir sama dengan saat menikmati wine. Beri gerakan memutar pada cangkir. Ini dilakukan agar aroma wanginya menyebar dengan sempurna dan bisa memberi ketenangan.

Jadi itulah cara membuat dan menyeduh teh yang benar untuk mendapatkan aroma dan rasa terbaik. Anda bisa lebih tenang saat menikmatinya di pagi atau sore hari. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE