Menu Makanan Agar Terlihat Muda di Usia Senja | Breaktime
Terlihat Muda di Usia Senja? Tak Mustahil dengan 5 Makanan Ini
14.07.2015

Salah satu cara terbaik untuk membuat kulit tetap awet muda meskipun usia sudah lanjut adalah dengan memiliki pola makan yang teratur. Elisa Zied, pakar diet dan juga penulis buku Younger Next Week, mengemukakan bahwa makanan memiliki pengaruh besar terhadap kondisi tubuh. Bagi yang selalu ingin nampak muda, Anda harus selektif dalam memilih makanan. Nah, berikut ini makanan B’timers bagikan makanan-makanan yang bisa jadi ‘obat’ awet muda:

Jeruk

Jus jeruk sangat baik untuk tangkal keriput
Jus jeruk sangat baik untuk tangkal keriput

Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung air, secara langsung bisa menghidrasi kulit dan sel-sel di dalamnya. Selain air, jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, dapat digunakan untuk memproduksi kolagen yang bisa membuat kulit tetap kenyal dan segar serta jauh dari kusam dan keriput. Anda bisa mengonsumsi jeruk langsung atau dijadikan olahan yang mengguggah selera.

Brussels sprouts

Sup brussels sprouts bisa membuat kulit tetap awet muda
Sup brussels sprouts bisa membuat kulit tetap awet muda

Brussels sprouts merupakan salah satu jenis kubis yang memiliki ukuran kecil. Brussels sprouts memiliki kandungan vitamin A dan C serta folat yang sangat banyak. Vitamin C sangat baik digunakan untuk memproduksi kolagen, sementara vitmin A dan juga folat bisa menangkal efek buruk dari radiasi sinar matahari.

Biji labu

Biji-bijian sumber vitamin E penangkal radikal bebas
Biji-bijian sumber vitamin E penangkal radikal bebas

Kekurangan vitamin E dapat membuat kulit dalam keadaan berbahaya, dalam artian menjadi kusam dan keriput. Maka dari itu,  Kristine Clark, Ph.D., R.D., director of sports nutrition di Pennsylvania State University menyarankan untuk mengonsumsi sumber dari vitamin E, salah satunya adalah biji labu. Kandungan vitamin E bisa mencegah kulit terpapar radikal bebas yang bisa merusak kealamiannya.

Buah bit

Sup buah bit baik untuk perlambat proses penuaan dini
Sup buah bit baik untuk perlambat proses penuaan dini

Semakin bertambah usia, jaringan epidermis di dalam kulit menjadi menipis dan melemah, sehingga rentan terhadap dehidrasi dan juga kerutan. Maka dari untuk menjaga kemudaan kulit, Anda perlu mengonsumsi buah bit yang mengandung phytoceramides yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi dan juga kenyal. Kandungan tersebut akan memperlambat proses penuaan yang terjadi di dalam tubuh.

Wine

Wine untuk membuat kulit terbebas dari penuaan dini
Wine untuk membuat kulit terbebas dari penuaan dini

Wine terbuat dari anggur yang memiliki kandungan resveratrol yang bisa memperlambat proses penuaan di dalam tubuh. Selain bisa membuat kulit nampak awet muda, wine juga bisa menunjang kesehatan. Penyakit-penyakit seperti halnya serangan jantung dan diabetes bisa ditangkal dengan mengonsumsi wine dalam jumlah yang terkontrol.

Ternyata cukup mudah ya B’timers, untuk dapatkan kulit yang cantik di usia yang tak lagi muda. Yuk, coba!

Share This Article