Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika! | Breaktime
Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika!
16.09.2017

Jika B’timers hobi memasak, pasti sudah tak asing lagi dengan paprika. Bahan makanan yang satu ini punya warna yang berbeda-beda. Tetapi, pernahkah Anda berpikir mengapa warna paprika berbeda? Paprika punya tiga jenis warna buah yang berbeda, yaitu merah, kuning, dan hijau. Menariknya lagi, bukan hanya berbeda warna, ketiga jenis paprika ini juga memiliki perbedaan dari segi rasa dan manfaat.

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan ketiga jenis paprika ini, perlu Anda ketahui satu hal. Menurut seorang ahli diet asal Ohio dan juga merupakan seorang blogger ramah lingkungan Lean Green Bean, Lindsay Livingston, paprika bisa berbeda warna ternyata bukan karena jenisnya, melainkan karena proses pematangan yang berbeda. Ingin tahu lebih lanjut tentang perbedaan paprika merah, kuning, dan hijau?

Paprika hijau adalah buah yang dipetik sebelum mereka benar-benar matang. Jika Anda menunggu paprika benar-benar matang, lama kelamaan warnanya juga akan berubah menjadi kuning, lalu orange, dan saat sudah matang akan berwarna merah. Hanya saja kita tak bsia menyimpulkan jika warna tersebut berbeda karena tingkat kematangannya saja.

Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika!

Perubahan warna pada paprika jga terjadi karena proses kimia. Warna tersebut dihasilkan karena penangkapan cahaya yang berbeda, mulai dari warna hijau sampai akhirnya bisa berubah jadi warna merah. Paprika hijau menyerap lebih banyak klorofil dan aldehida. Paprika kuning mengambil warna cerah mereka dari lutein dan beta karoten. Untuk paprika merah, mereka memproduksi lebih banyak (E)-2-heksenal dan (E)-2-heksanol, sehingga memberi rasa yang manis dan aroma buah yang lebih banyak.

Perbedaan warna ini juga berpengaruh pada rasa, aroma, dan nutrisi terbaik saat dimasak. Saat paprika dipetik lebih awal, rasanya memang kurang manis dan cenderung lebih pahit. Selain itu, paprika muda atau yang berwarna hijau juga mengandung lebih sedikit vitamin A, B6, dan C. 

Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika! | Breaktime
Perbedaan di balik cerianya warna paprika
Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika!

Paprika yang masih berwarna kuning atau orange memang dipanen ketika mereka masih dalam keadaan setengah matang. Tak heran jika Anda menggunakan paprika, rasanya akan sedikit lebih manis dan kandungan nutrisinya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan paprika hijau.

Terakhir adalah paprika merah. Sudah jelas, karena paprika merah adalah wujud yang benar-benar telah matang, jadi rasa dan kandungan vitaminnya juga lebih banyak. Tak heran jika banyak chef atau ibu rumah tangga yang lebih sering menggunakan paprika merah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gyoza, Camilan Lezat Peninggalan Perang Dunia

Saat digunakan untuk memasak memang sebaiknya menggunakan paprika yang sesuai dengan resep. Tetapi, jika Anda hanya menggunakan paprika karena kebiasaan, pilih saja paprika merah, karena masakan yang Anda santap juga lebih kaya nutrisi dan vitamin.

Namun, jika food lovers terlanjur membeli paprika berwarna hijau atau kuning, Anda bisa menyimpannya dalam tas atau kotak berlubang di ruangan yang gelap serta sejuk dalam waktu beberapa minggu. Nantinya mereka akan berubah menjadi warna merah atau benar-benar matang.

Well, itulah ternyata perbedaan antara paprika merah, kuning, dan hijau. Sekarang, Anda jadi tahu kandungan nutrisi dan vitaminnya. Jadi lebih tertarik memasak yang mana, nih? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE