Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food | Breaktime
Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food
29.08.2017

Kalau malam-malam habis hangout dan rasanya mendadak lapar, biasanya yang paling gampang dituju itu gerai fast food, ya. Fast food memang jadi andalan siapa saja di kala lapar dan sedang malas masak. Tapi, omong-omong tentang fast food, kita sebenarnya sering asal menyebut dan menyamakannya dengan junk food.

Coba kita perhatikan lagi, ada tiga jenis makanan cepat saji ini sebenarnya, yaitu fast food, junk food dan street food. Nah, tahukah Anda kalau ketiganya ini sebenarnya berbeda? Memang, kalau dilihat sekilas, kita bisa beli street food dan kita bisa mendapatkannya sama cepat dengan fast food dan junk food. Tapi, street food bisa jadi lebih fresh dan sehat. Lalu, apa yang membedakan ketiganya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mix Berries Choco Waffle Manis Bikin Meringis

Kita cari tahu lebih dulu beda pengertian dari fast food, junk food dan street food. Yang pertama, fast food. Fast food bisa diartikan makanan yang disajikan dengan cepat dan nyaman, mudah mendapatkannya, cuma perlu sedikit persiapan, serta harganya tidak mahal. Biasanya, kita bisa membelinya di restoran fast food dengan memesan menu di counter atau lewat drive thru.

Sementara, junk food juga sama pengertiannya, makanan yang bisa didapatkan dengan cepat, nyaman dan harganya murah. Tapi, makanan ini biasanya tidak mengandung gizi yang cukup, karena bahannya kurang lengkap kandungan nutrisinya. Junk food bahkan lebih mudah lagi mendapatkannya karena bisa 

Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food | Breaktime
Siapa yang tidak suka fast food?

Bagaimana dengan street food? Biasanya, street food ini disajikan dengan cepat, nyaman dan juga sangat terjangkau harganya. Ada gerobak atau tenda atau booth street food di pinggir jalan yang siap melayani setiap pengunjung yang datang untuk membeli. Tapi, ada juga street food yang dikemas berbeda dan disediakan di supermarket atau mungkin juga disajikan di bazar. Satu lagi, street food ini umumnya sangat berkaitan dengan budaya lokal. Jadi menunya lebih kedaerahan begitu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Nasi Uduk Betawi Lezat Ini Wajib Dicoba

Jadi, kembali ke fast food dan junk food. Sama-sama makanan yang disajikan dengan cepat, fast food biasanya juga termasuk junk food, karena keduanya sama-sama kurang soal kandungan nutrisi. Namun, junk food belum tentu fast food. Karena, junk food bisa jadi seperti snack,permen, dan makanan ringan lainnya.

Kesamaannya adalah, fast food dan junk food sangat banyak mengandung gula, kolesterol, sodium, gula, karbohidrat, kalori. Mengapa makanan-makanan ini tinggi kandungan tidak sehat? Ini karena fast food dan junk food memang dibuat semenarik dan seenak mungkin. Terutama, junk food yang lebih menargetkan kepada anak-anak dan sering hadir dalam bentuk warna-warni yang menggemaskan.

Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food | Breaktime
Anak kecil pasti senang makan permen dan jajanan

Memang, fast food sendiri biasanya menyeimbangkan komposisinya. Contohnya, burger, jadi selain daging ada juga sayuran seperti selada, bawang bombay, tomat, namun, tetap saja berdampingan dengan keju, saus tomat, mayonnaise, yang banyak mengandung gula. Belum lagi bumbunya dan berbagai macam bahan lain yang dipakai untuk menyedapkan sajian satu ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tahu Jeletot, Masakan dari Tahu khas Sunda

Begitulah, contoh fast food lainnya seperti pizza, hot dog, kentang goreng, sandwich keju yang dipanggang, crepes, donat. Sementara, junk food contohnya yang sering kita jumpai antara lain popcorn, keripik kentang, keripik jagung, onion ring, pretzel, cookies kemasan yang sudah diproses dan bisa langsung dimakan, permen, soda, beberapa merek sereal juga bisa jadi merupakan junk food.

Seperti dua sisi mata koin, ada untung dan ruginya mengonsumsi junk food dan fast food. Anda untung karena bisa lebih hemat waktu dan mungkin juga uang, namun ruginya dalam aspek kesehatan yang bisa lebih memakan biaya di masa mendatang. Jadi, B’timers coba lebih mengelola pola makan dengan membatasi fast food dan junk food, ya. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE