Telusuri Manfaat Minyak Alpukat dalam Makanan | Breaktime
Telusuri Manfaat Minyak Alpukat dalam Makanan
02.03.2016

B’timers pasti sudah akrab dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dalam dunia masak memasak. Nah, kalau minyak alpukat? Masih asing terdengar memang, namun ternyata manfaat minyak alpukat dalam makanan sangat beragam, lho. Berikut adalah manfaat minyak alpukat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan membubuhkan satu-dua tetes dalam makanan Anda.

Penjaga kesehatan jantung

Kandungan beta-sitosterol yang tinggi pada minyak alpukat berkhasiat menjaga jantung B’timers tetap sehat. Beta-sitosterol mampu mengubah lemak tidak sehat dalam tubuh menjadi lemak sehat yang berguna untuk pembentukan sel tubuh. Selain itu, khasiat minyak alpukat mampu mencegah peradangan pada dinding pembuluh darah  sehingga memudahkan kinerja jantung Anda.

Telusuri Manfaat Minyak Alpukat dalam Makanan | Breaktime
Katakan ‘bye’ pada alpukat karena sudah ada minyak alpukat dengan banyak khasiat

Sumber vitamin E terbaik

Minyak alpukat adalah salah satu makanan dengan kandungan vitamin E tertinggi. Menambahkan minyak alpukat dalam makanan B’timers dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mata. Sistem imun juga akan terbantu dengan asupan vitamin E dari minyak alpukat. Vitamin E dalam minyak alpukat berkhasiat menangkal radikal bebas dan menjaga memori otak tetap cemerlang.

Kaya akan asam oleat

Sebagai salah satu buah yang mengandung lemak tak jenuh, alpukat termasuk kaya akan asam oleat dibandingkan minyak zaitun. Asam oleat mampu menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, asam oleat dalam minyak alpukat dapat meningkatkan imun tubuh, mempercepat regenerasi sel tubuh dan menyembuhkan luka. Menambahkan minyak alpukat dapat memperlambat proses oksidasi pada makanan sehingga makanan B’timers akan lebih tahan lama.

Telusuri Manfaat Minyak Alpukat dalam Makanan | Breaktime
Padukan pada beragam makanan untuk menjaga tubuh tetap sehat

Membantu program diet

Jika B’timers sedang menjalani program penurunan berat badan, maka pastikan selalu ada minyak alpukat dalam setiap makanan Anda. Manfaat minyak alpukat dalam makanan diet Anda dapat membuat B’timers cepat kenyang dan tahan lapar lebih lama karena teksturnya yang kental dan kandungan nutrisi yang beragam. Minyak alpukat juga membantu melancarkan pencernaan sehingga memastikan sistem ekskresi B’timers tetap lancar setiap hari.

Telusuri Manfaat Minyak Alpukat dalam Makanan | Breaktime
Pastikan tidak melewatkan minyak alpukat demi tercapainya tubuh ideal

Menambah rasa lezat makanan

B’timers sudah akrab dengan rasa pahit dan aroma menyengat dari minyak zaitun, maka berbeda dengan minyak alpukat, Minyak alpukat cenderung memiliki aroma yang ringan dengan tekstur yang lembut. Anda akan merasakan perpaduan antara sedikit mentega dan kacang dalam minyak alpukat. Karena minyak alpukat memiliki suhu didih yang tinggi, B’timers dapat mengolah minyak alpukat dengan beragam cara, baik sebagai bumbu daging hingga campuran salad Anda.

Wow, banyak sekali ya manfaat minyak alpukat dalam makanan. Tertarik mencoba membubuhkan beberapa tetes minyak alpukat dalam masakan Anda, B’timers? (ft)

Share This Article