Telur Ayam Vs Telur Bebek, Mana Yang Lebih Baik? | Breaktime
Telur Ayam Vs Telur Bebek, Mana Yang Lebih Baik?
18.12.2015

Yuhuuu! Breakfast time! Ada telur mata sapi, omelet, atau telur rebus. Telur selalu menjadi andalan sebagai menu sarapan, ya, B’timers? Selain mudah dijumpai di mana-mana, pengolahannya yang simple, dan rasanya juga tak mengecewakan.

Tapi sejak sering muncul di berita, tentang banyaknya makanan berbahaya yang dijual, seperti adanya beras plastik, mie basah atau bakso yang mengandung formalin, sempat beredar telur palsu, sempat membuat kita semakin khawatir berbelanja di pasar tradisional ya, B’timers?

Namun terlepas dari itu semua, sebenarnya mana yang paling baik sih, antara telur bebek dan telur ayam?

Manfaat telur

Sebenarnya bagian putih dan kuning telur sama-sama kaya akan nutrisi. Seperti disebutkan oleh seorang ahli nutrisi dari Brighton, Inggris, Jo Lewin, kandungan dari putih telur diantaranya protein hewani, vitamin, dan mineral. Sementara kuning telur mengandung kolesterol dan lemak baik. Beberapa telur organic bahkan mengandung omega-3.

Telur Ayam Vs Telur Bebek, Mana Yang Lebih Baik? | Breaktime
Telur bebek menjadi pilihan utama untuk bahan membuat kue

Telur bebek vs telur ayam

Apa yang belum diketahui banyak orang selama ini adalah, bahwa telur bebek lebih baik dari telur ayam. Meskipun harganya relatif lebih mahal. Telur bebek memiliki 2 kali nutrisi yang dimiliki telur ayam. Dan dengan kulit yang lebih tebal, telur bebek dapat tahan lebih lama dari telur ayam.

Telur bebek cocok untuk membuat cake dan makanan penutup lainnya, karena mengandung lebih banyak protein. Dan yang terpenting, telur bebek juga kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan otak serta kulit. Dan yang terakhir telur bebek ini merupakan makanan yang kaya alkalin. Jadi sangat baik untuk mereka yang terkena kanker, karena sel kanker tidak dapat bertahan di lingkungan yang banyak mengandung alkalin.

Hanya ada 1 alasan banyak yang tidak berani mengkonsumsi telur bebek, yaitu bagian kuning pada telur bebek mengandung kolesterol sama banyaknya dengan jatah yang disarankan perharinya untuk menghindari resiko penyakit jantung.

Jadi, semua tergantung dari masing-masing orang untuk memilih antara telur ayam atau telur bebek. Namun, pastikan Anda rutin mengkonsumsi telur meskipun sedang diet, B’timers. Karena tubuh tetap memerlukan asupan protein dari telur. Dan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap telur ayam, tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi telur bebek. (no)

Share This Article