Tekstur Unik dan Lezat! Ini Manfaat Telur Asin! | Breaktime
Tekstur Unik dan Lezat! Ini Manfaat Telur Asin!
24.11.2016

Telur asin merupakan salah satu jenis makanan yang diawetkan. Terbuat dari telur itik atau bebek segar, ada banyak kandungan dalam telur asin, B’timers. Lemak, protein, berbagai asam amino, kalsium, fosfor, zat besi hingga berbagai elemen lain dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan rasanya yang asin, membuat telur asin terbilang cukup populer di setiap usia.

Ya, Anda dapat menambahkan telur asin ke dalam setiap menu masakan. Mempunyai rasa, aroma serta tekstur yang khas, menjadikannya sangat unik. Jika dilirik dari sejarahnya, sejarah dari telur asin ternyata cukup panjang, lho, B’timers. Dimulai dari Cina, kita akan diajak kembali ke zaman dinasti selatan serta utara pada abad keenam. Saat itu telur bebek direndam dalam air garam selama satu bulan sebelum siap untuk dikonsumsi.

Tekstur Unik dan Lezat! Ini Manfaat Telur Asin! | Breaktime
Telur asin dapat Anda olah menjadi berbagai menu lezat

Cara sederhana mengolah telur bebek menjadi telur asin

  • Siapkan telur bebek berkualitas, sebanyak 10 hingga 40 butir
  • Siapkan abu gosok atau bata merah yang sudah dihancurkan, sebanyak sekitar 2 liter
  • Garam dapur, ½ kg
  • Air, secukupnya

Baca juga : CARA MINUM TEH TANPA GULA UNTUK MANFAAT MAKSIMAL!

Untuk membuat telur asin yang sempurna, Anda harus mencuci bersih telur bebek dengan air. Setelah itu lap sampai benar-benar kering, sambil diamplas bagian kulitnya. Jika sudah, campurkan abu gosok atau bubuk bata merah dengan garam dan tuang sedikit air sampai mendapatkan pasta yang mudah Anda bentuk.

Barulah bungkus setiap butir telur bebek dengan menggunakan campuran tersebut. Sebelum siap untuk diolah, simpan semua telur dalam wadah dan biarkan selama kurang lebih 15 hingga 20 hari. Dan Anda bisa membersihkan kulit dari campuran bata atau abu gosok dan telur asin siap untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Eits, selain cara membuatnya, Anda tentu penasaran dengan manfaat telur asin untuk kesehatan, kan, B’timers? Berikut ini daftar manfaat telur asin yang akan Anda dapatkan:

Tekstur Unik dan Lezat! Ini Manfaat Telur Asin! | Breaktime
Hanya dengan telur asin, nasi coklat tetap lezat dan nikmat

Sebagai sumber protein yang tinggi

Tidak jauh berbeda seperti telur pada umunya, telur asin juga terbukti memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dari sebutir telur asin, terkandung setidaknya 9 gram protein yang sangat berguna untuk tubuh, membantu membentuk otot dan juga menjaga kebugaran tubuh.

Membantu pertumbuhan sel baru

Dengan tingginya kandungan protein di dalam telur asin, proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh pun menjadi mudah, B’timers. Jika Anda rutin mengonsumsi telur asin, sel-sel tubuh yang rusak akan diperbarui dengan lebih optimal.

Baca juga : MINUM SUSU BISA BIKIN LANGSING, BENARKAH?

Meningkatkan fungsi sel darah merah

Untuk manfaat bagi kesehatan yang akan Anda dapatkan dari telur asin adalah meningkatkan fungsi dari sel darah merah dalam tubuh. Telur asin terbukti sangat membantu meningkatkan kandungan sel darah merah. Tak hanya itu, nutrisi di dalam telur asin juga membantu mencegah terjadinya pendarahan.

Tekstur Unik dan Lezat! Ini Manfaat Telur Asin! | Breaktime
Tekstur telur asin ini yang membuatnya disukai banyak orang

Sangat baik untuk kesehatan kulit

Nah, manfaat telur asin lainnya yang bakal Anda dapat jika mengonsumsi telur asin secara rutin adalah baik untuk kesehatan kulit. Ini karena telur asin mengandung Vitamin E yang sangat baik untuk kulit kita. Vitamin E membantu menjaga kulit tetap bersinar dan lebih halus, lho. Wow!

Kandungan selenium yang cukup tinggi

Selenium yang ditemukan di dalam telur asin terbukti dapat membantu tubuh Anda demi meningkatkan imunitas dan juga daya tahan, B’timers. Dengan kandungan yang sangat baik tersebut, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang menyerang sistem kekebalan.

Dapat memberi asupan energi yang cukup

Untuk Anda yang sering mengeluh tak memiliki tenaga yang cukup di siang hari, mengonsumsi telur asin adalah jawabannya. Ya, ini karena telur asin membantu tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan. Ini karena kandungan protein serta lemak di dalam telur asin, B’timers!

Nah, sengan banyaknya manfaat telur asin yang akan Anda dapatkan, masih ragu mengonsumsi telur asin? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE