Tips Goreng Bawang Agar Renyah dan Tidak Gosong | Breaktime
Teknik Goreng Bawang Agar Renyah dan Tidak Gosong
04.09.2016

Saat makan, Anda suka menaburkan bawang goreng, B’timers? Ya, sebagai salah satu pelengkap yang wajib ada di kuliner khas Indonesia, bawang merah goreng memang bisa menambah kelezatan sajian. Bahkan ditambahkan pada nasi putih saja sudah nikmat. Tapi sebelum menggoreng, sebaiknya simak dulu teknik agar bawang goreng renyah dan tidak gosong, B’timers!

Tips Goreng Bawang Agar Renyah dan Tidak Gosong | Breaktime
Gunakan bawang merah ukuran besar atau sedang

Pilih bawang merah yang berkualitas

Jika ingin mendapatkan bawang merah goreng yang rasanya renyah dan sempurna, jangan pernah pakai bawang merah kecil dan yang sudah layu, B’timers. Pilih bawang merah yang masih segar dan ukurannya besar atau minimal sedang. Jadi akan memudahkan Anda ketika mengiris bawang merahnya, kan?

Iris tipis bawang merah untuk digoreng

Terlalu tebal mengiris bawang merah, ternyata tidak akan membuatnya renyah setelah digoreng. Anda bisa menggunakan alat pengiris bawang untuk menghasilkan irisan yang tipis dan rata. Jika irisannya tak rata, saat menggoreng Anda akan mendapatkan bawang yang matang, setengah matang, dan gosong.

Tambahkan tepung maizena dan garam

Nah, setelah mengiris bawang, Anda bisa tambahkan sedikit garam. Sebelum menggorengnya, diamkan sebentar agar garamnya meresap sempurna. Setelah itu taburi sedikit tepung maizena. Untuk takaran 1 kg bawang merah, Anda hanya membutuhkan sekitar 1 hingga 1 ½ sendok makan tepung maaizena.

Tips Goreng Bawang Agar Renyah dan Tidak Gosong | Breaktime
Saat menggoreng, harus sering diaduk, ya?

Gunakan api kecil untuk menggoreng

Pastikan saat Anda menggoreng bawang menggunakan api yang paling kecil, B’timers. Usahakan untuk menggoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas, atau bawang merah akan cepat gosong. Goreng sambil diaduk cepat sampai warna bawang merah berubah kekuningan. Jangan lupa, segera angkat.

Simpan di dalam wadah kedap udara

Tiriskan bawang merah goreng yang sudah matan. Jika Anda menyimpannya bersama dengan minyak sisa menggoreng, maka bawang akan mudah lembek, B’timers. Untuk teknik menyingkirkan kelebihan minyak, Anda bisa menggunakan kertas tisu setelah menggoreng. Simpan dalam wadah kedap udara.

Dengan teknik ini, Anda akan mendapatkan bawang merah goreng yang matang sempurna dan juga renyah, B’timers! (NO)

Share This Article