Tak Ingin Pare Pahit? Olah dengan Cara Berikut! | Breaktime
Tak Ingin Pare Pahit? Olah dengan Cara Berikut!
10.08.2016

Sering makan olahan pare atau paria, B’timers? Kebanyakan orang akan langsung mengernyit karena membayangkan rasa pahitnya. Padahal di balik rasanya yang pahit, ada begitu banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan kita, lho. Mulai dari membersihkan darah, membunuh sel kanker, melancarkan pencernaan dan lainnya. Nah, berikut tips untuk mengolah pare agar tidak pahit, B’timers!

Tak Ingin Pare Pahit? Olah dengan Cara Berikut! | Breaktime
Iris tipis dulu sebelum menghilangkan pahitnya

Menggunakan garam

Potong pare menjadi dua, buang biji, bersihkan selaput putih di bagian dalam, lalu iris tipis. Berikan garam sambil diremas-remas hingga pare lunak. Biarkan selama 15 menit, cuci bersih di air mengalir. Anda juga bisa merebus pare dalam air garam, dan masak hingga pare setengah empuk, B’timers.

Menggunakan gula pasir

Cara menggunakan gula pasir untuk menghilangkan rasa pahit dari buah hijau ini sebenarnya tak jauh berbeda saat menggunakan garam, B’timers. Meremas pare dilakukan untuk membantu mengeluarkan cairan pahit buah pare. Setelah itu, Anda bisa mengolah pare sesuai dengan resep dan keinginan.

Tak Ingin Pare Pahit? Olah dengan Cara Berikut! | Breaktime
Pare bisa menjadi olahan lezat, lho!

Daun jambu biji

Untuk cara menghilangkan pare agar tidak pahit lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan daun jambu biji, B’timers. Rebus air hingga mendidih. Tambahkan daun jambu biji yang telah diremas ke dalam air, dan Anda bisa merebus pare selama 5 menit atau hingga tekstur pare menjadi setengah matang.

Lempengan tanah liat

Sudah pernah mencoba menggunakan lempengan tanah liat untuk merebus pare, B’timers? Cara ini sama ampuhnya dalam menghilangkan rasa pahit pare, lho. Tidak perlu khawatir, karena di pasar-pasar tradisional Anda bisa menemukan lempengan tanah liat dengan cukup mudah, kok, B’timers.

Tak Ingin Pare Pahit? Olah dengan Cara Berikut! | Breaktime
Tumisan pare dengan telur dan teri? Hmm!

Dengan bumbu masak

Dan ternyata mengolah pare dengan berbagai variasi bumbu atau rempah dapat menghilangkan rasa pahitnya. Selain itu Anda juga akan memperoleh olahan pare yang lezat, B’timers. Coba gunakan bumbu kacang, campuran bawang bombay atau menambahkan ikan teri, ebi maupun udang. Hmm, mantap!

Tak takut lagi mengolah pare menjadi hidangan lezat, kan, B’timers? (NO)

Share This Article