Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho | Breaktime
Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho
21.08.2017

Kita tidak pernah tahu, kan, kapan dan bagaimana sakit bisa menyerang. Iya, pastinya B’timers sudah menjaga kesehatan dengan baik. Tapi, kadang ada saja saat-saat tubuh kita tidak fit dan jadi rentan terhadap penyakit. Barangkali Anda sudah sering dengar kalau apa yang kita makan itu sangat berpengaruh terhadap tubuh. Nah, itu benar sekali.

Makanan yang masuk ke tubuh kita jelas mempengaruhi sistem pencernaan di dalam perut, lho. Jadi, ceritanya, kalau kita mengonsumsi makanan yang tidak ramah dengan perut, maka itu bisa menyebabkan diare. Bahkan, termasuk makanan sehari-hari yang biasa kita konsumsi. Sekarang, Breaktime coba tanya dulu, nih, apa Anda suka minum kopi?

Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho

Nah, jadi begini, tiap orang memang punya reaksi berbeda-beda terhadap makanan yang mereka tidak toleran. Tapi, memang ada beberapa makanan dan minuman yang paling berpotensi memicu diare, salah satunya adalah kopi. Bener banget, nih, kopi mengandung kafein yang punya sifat sebagai stimulan.

Jadi, kafein ini tidak hanya menyebabkan otak kita lebih aware, tapi juga menstimulasi sistem pencernaan kita. Kopi sendiri kurang mantap kalau diminum begitu saja, kan. Jadi, seperti sudah menjadi kebiasaan kalau kita mencampurkannya dengan pemanis seperti gula, juga ditambah krimer atau susu. Nah, efek yang dihasilkan malah lebih berisiko lagi menyebabkan diare, lho. Mengapa?

Karena, selain kopi dan minuman lain yang mengandung kafein, gula juga termasuk penyebab seseorang mengalami diare. Gula dapat mengganggu saluran usus bagian bawah sehingga memicu diare. Makanya, kalau kita terlalu banyak memakan makanan dan minuman yang mengandung gula, akan cenderung lebih mudah mengalami sakit perut dan diare.

Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho

Untuk mengurangi asupan gula ini, kita bisa mengganti dengan lebih memilih makanan rendah gula dan bebas lemak. Atau boleh saja mengonsumsi makanan manis, tapi dengan porsi yang lebih dibatasi. Tidak cuma gula saja, susu, seperti yang dibilang  tadi, juga bisa menyebabkan diare, lho. Kalau sehabis minum susu Anda sering mengalami diare, bisa jadi Anda tidak toleran terhadap laktosa.

Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho | Breaktime
Minum kopi memang nikmat, tapi lebih diperhatikan, ya

Keadaan yang disebut dengan istilah medis “intoleransi laktosa” ini berarti Anda tidak memiliki enzim untuk menguraikan gula susu, sehingga gula susu tersebut tidak dapat dicerna. Akhirnya, tubuh membuangnya dengan lebih cepat, sering kali inilah yang menjadi diare. Kalau Anda mau minum susu yang aman dan tidak menyebabkan diare, ada banyak alternatifnya selain susu sapi.

Anda bisa minum susu kedelai, susu almond, susu yang terbuat dari kacang mete juga ada. Coba, deh, minum satu per satu dan temukan yang paling Anda suka. Ini bisa jadi andalan pengganti susu untuk Anda. Bukan cuma susu, gula dan kopi, yang bikin Anda kudu lebih hati-hati. Selain minuman, ada juga makanan yang bisa jadi penyebab diare, tak lain dan tak bukan adalah makanan pedas. Tapi, apa, sih yang membuat makanan pedas sangat berpotensi jadi penyebab diare?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Alasan Makan Makanan Pedas Bikin Sakit Perut

Nah, ini terjadi terutama kalau Anda makan makanan yang bumbunya strong dan jarang Anda makan, jadi Anda tidak terbiasa dengan itu. Ini bisa mengganggu perut selama proses pencernaan. Efeknya, bisa menyebabkan buang angin, perut kembung, terasa terbakar di dalam perut, dan yang sering terjadi adalah diare.

Kalau ingin makanan rasanya tetap nendang tanpa menyebabkan efek diare, coba, deh level pedasnya dikurangi saja. Atau, bisa ganti sambal dengan bubuk cabai sekali-sekali, dan jangan banyak-banyak, B’timers. Kalau diare sudah mengganggu aktivitas, susah juga, kan? Cuma bisa pasrah dengan obat diare dan menunggu sembuh, deh. Jadi, jaga pola makan dengan lebih smart, ya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE