Tak Ada Yang Bisa Tandingi Masakan Indonesia | Breaktime
Tak Ada Yang Bisa Tandingi Menu Masakan Indonesia
03.04.2017

Anda pecinta makanan? Tentunya tidak kelewatan untuk mencicipi berbagai kuliner nusantara yang punya rasa sangat enak. Banyak rempah yang digunakan membuat citarasa menu masakan Indonesia lebih kaya. Salah satu rempah yang sangat terkenal dan rasanya tidak bisa dilewatkan dari lidah orang Indonesia yaitu cabai. Rempah satu ini, hampir selalu ada di banyak masakan Indonesia. Rasanya, ada yang kurang jika tidak merasa pedas dengan makanan yang Anda cicipi. Namun ada juga beberapa orang yang tidak menyukai pedas sebab perutnya yang tidak kuat.

Pamor dari cabai di masyarakat Indonesia, menjadikan banyak pengusaha kuliner di Indonesia menciptakan berbagai produk makanan dengan level pedas yang cukup gila lo, breaktimers. Misalnya saja di Jogja terdapat oseng-oseng mercon yang membuat lidak cukup terbakar, lalu banyak kota-kota di Indonesia menjual mie setan, mie iblis dan sejenisnya. Menjual makanan pedas sejenis ini sangat laku di pasaran sebab menimbulkan rasa penasaran masyarakat yang juga tinggi.

Selain banyak tumbuhnya usaha kuliner pedas hasil inovasi para pengusaha, kuliner khas nusantara di beberapa kota di Indonesia juga memiliki citarasa pedas yang enak dan pastinya patut untuk Anda coba. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan tersebut.

Tak Ada Yang Bisa Tandingi Masakan Indonesia | Breaktime
Plecing Kangkung Lombok

Baca juga : HII! BERANI COBA KULINER EKSTRIM DARI FIRE PAAN?

Plecing Kangkung Lombok

Kangkung dari Lombok, memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kangkung dari Jawa. Selain itu, rasanya manis dan renyah meski hanya direbus tanpa dibumbui. Hal ini menjadi ciri khas dari kangkung Lombok. Untuk dijadikan sebagai plecing kangkung Lombok, caranya cukup mudah saja. Kangkung yang sudah direbus disajikan dengan sambel yang nikmat. Sambalnya terbuat dari cabe rwait, tomat, teras, garam dan juga bisa ditambahkan jeruk limau. Rasa pedasnya bisa Anda ukur sendiri dengan penambahan cabe rawit sesuai selera.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan kuliner khas dari Lombok juga. Menggunakan ayam kampung yang dibakar dengan kayu bakar menghasilkan aroma dan rasa ayam yang enak dan khas. Bumbu ayam taliwang terkenal sangat pedas dan membuat siapapun jadi ketagihan.

Tak Ada Yang Bisa Tandingi Masakan Indonesia | Breaktime
Ayam Betutu

Baca juga : NASI, MAKANAN SEHARI-HARI SETIAP NEGARA DI DUNIA

Rendang

Rendang dianggap menjadi makanan paling enak di dunia. Olahan dari daging sapi dan rempah-rempah pilihan membuat para penikmat rendang rela antri untuk menikmatinya. Cabai tentu menjadi salah satu rempah wajib yang ada pada pengolahan rendang.

Ayam Betutu

Jika Anda sedang menikmati waktu libur di Bali, tidak ada salahnya menikmati makanan khas pedasnya yang satu ini. Menu masakan Indonesia ini namanya Ayam Betutu. Paling banyak, Anda bisa mendapatkan ayam betutu di Kabupaten Gilimanuk. Meski bumbunya berwarna kuning, ayam betutu memiliki cita rasa pedas yang membuat Anda ketagihan.

Tak Ada Yang Bisa Tandingi Masakan Indonesia | Breaktime
Rujak Cingur

Baca juga: MAKANAN KHAS SURABAYA INI DIJAMIN “MANTEP ABIS”!

Oseng-Oseng Mercon

Jika bertolak ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional yang sudah melegenda ini. Namanya cukup membuat ngeri, yaitu oseng-oseng mercon. Oseng-oseng ini hasil kreasi dari Bu Kardi sejak tahun 1965. Bahan-bahan pembuatannya yaitu daging sapi, kikil dan lemak yang kemudian dioseng dengan berbagai macam rempah-rempah termasuk cabai yang jumlahnya banyak. Hal ini yang menyebabkan rasa pedas yang luar biasa pada oseng-oseng mercon.

Rujak

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan rujak. Rujak buah seringkali emnjadi favorit orang-orang Indonesia ketika sedang ngumpul  bersama-sama. Aneka buah dipotong-potong lalu sebagai cocolan sambelnya yaitu bumbu cabe dan gula merah. Biasanya, orang Indonesia menggunakan jumlah cabe yang sangat banyak hingga kepedasan.

Memang benar, tak ada yang bisa menandingi cita rasa menu masakan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dari negeri sendiri. (rp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE