Tahu Tek, Kuliner Surabaya yang Penuh Keunikan | Breaktime
Tahu Tek, Kuliner Surabaya yang Penuh Keunikan
19.08.2016

“Tek.. tek.. tek!” Nah, ini dia suara khas kuliner khas Surabaya, B’timers! Jika Anda pernah datang ke Kota Pahlawan, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara jualan yang terbilang unik ini, deh. Hmm, tapi seperti apa, sih, tahu tek itu? Tahu goreng setengah matang yang dipotong, disajikan bersama lontong, kentang goreng, sedikit taoge dan irisan ketimum. Lalu disiram dengan bumbu kacang. Mantaaap!

Tahu Tek, Kuliner Surabaya yang Penuh Keunikan | Breaktime
Yang bikin spesial adalah bumbu petisnya, B’timers!

Kira-kira kenapa namanya tahu tek, ya?

Pernah tidak memperhatikan ketika sang penjual yang biasanya berkeliling ini meracik tahu tek pesanan pembeli, B’timers? Setelah digoreng setengah matang, tahu akan dijepit dengan garpu lalu dengan ahli, sang penjual akan menggunting-gunting tahu, lontong dan kentang goreng. Bunyinya “Tek.. tek.. tek!” Yang spesial dari tahu tek adalah petis yang dicampurkan dalam bumbu kacangnya, B’timers.

Dengan pelengkap kerupuk udang yang diremas, tahu tek adalah kuliner yang dikenal sebagai kuliner khas Surabaya selain lontong balap dan semanggi. Setelah mencoba, dijamin lidah akan enggan untuk berhenti menikmati kelezatan tahu tek. Bumbu tahu tek ini jauh lebih kental. Dan akan semakin mantap jia petis yang digunakan adalah petis khas Sidoarjo, B’timers.

Tahu Tek, Kuliner Surabaya yang Penuh Keunikan | Breaktime
Mau tahu tek atau tahu telur saja, B’timers?

Kisah di balik tahu tek yang legendaris

Ya, kuliner unik satu ini dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong semua bahan dibunyikan terus. Jadi terdengar seolah terus memotong-motong, B’timers. Bahkan Anda akan melihat, meskipun bahan masakan telah habis dipotong, gunting tetap akan dibunyikan terus. Ini hanya cara untuk menarik pembeli, B’timers.

Yang jauh lebih unik, Anda memang bisa memesan telur sebagai tambahan dalam seporsi tahu tek yang dipesan. Namum penjual juga bisa menggorengkan telur yang Anda bawa sendiri, lho. Seperti request spesial, ya, B’timers? Cara mengolah telur sebenarnya hampir sama dengan kuliner tahu telur, Jadi telur digoreng bersamaan dengan tahu.

Siapa, nih, yang ketagihan tahu tek, B’timers? “Tek.. tek.. tek..!” (NO)

Share This Article