Tahu dan Tempe, Olahan Kedelai yang Kaya Khasiat | Breaktime
Tahu dan Tempe, Olahan Kedelai yang Kaya Khasiat
30.06.2016

Anda lebih suka yang mana, nih, antara tahu dengan tempe, B’timers? Hmm, makanan asli Indonesia ini memang terkenal kaya nutrisi, ya. Terbukti olahan dari kedelai sudah menyebar hingga ke mancanegara. Tapi, jika harus memilih, sebenarnya mana yang lebih sehat dari keduanya, nih. Well, tahu dan tempe adalah kerabat dekat yang terbuat dari kedelai. Dan berikut khasiat dari keduanya, B’timers!

Tahu dan Tempe, Olahan Kedelai yang Kaya Khasiat | Breaktime
Oseng tahu dengan sentuhan Asia yang menggugah selera

Tahu, olahan kedelai dalam bentuk sederhana

Seperti yang kita ketahui, tahu adalah olahan kedelai yang telah diproses menjadi susu terlebih dahulu, B’timers. Setelah dilembutkan, sari kedelai diambil sarinya. Itulah mengapa tahu mengandung zat besi dan kalsuim, juga terbukti rendah kolesterol, lho. Jadi tak salah jika tahu seringkali dijadikan untuk menu yang baik bagi mereka yang sedang diet.

Dan sebenarnya memang bergantung dari cara dan teknik pengolahan tahu, sih. Namun tahu juga kaya akan magnesium, lho. Selain itu, tahu juga mengandung isoflavon yang dapat meniru estrogen alami dari manusia, B’timers. Karena itu jika dikonsumsi dengan tidak tepat, tahu bisa memberikan efek negative. Tapi tahu tetap akan berkhasiat jika cara mengolahnya sesuai, kok.

Tahu dan Tempe, Olahan Kedelai yang Kaya Khasiat | Breaktime
Dan kata siapa tempe tidak bisa jadi menu dunia?

Tempe, olahan kedelai kaya tekstur dan rasa

Berbeda dengan tahu, tempe merupakan salah satu produk kedelai utuh, yang harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Itulah sebabnya tempe memiliki karakteristik gizi dan tekstur yang lebih padat ditambah rasa yang unik. Bahkan menurut penelitian, tempe lebih tinggi kandungan protein, serat dan vitamin jika dibandingkan dengan tahu, lho.

Proses pembuatan tempe, pertama kali kedelai direndam untuk memudahkan menyingkirkan kulit ari. Setelah itu, biji kedelai dimasak, baru kemudian dimasukkan ke dalam cetakan. Sebenarnya ada beberapa variasi tempe, lho, yaitu tempe dari gandum atau campuran kedelai dengan biji-bijian. Tetapi yang paling umum dan dikenal adalah tempe kedelai.

Nah, apapun pilihan Anda, tempe atau tahu, keduanya sama-sama sehat dan baik untuk tubuh, kok, B’timers. (NO)

Share This Article