Tahu atau Tempe, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Tahu atau Tempe, Mana yang Terbaik?
29.02.2016

Tahu dan tempe merupakan salah satu lauk yang cukup digemari di Indonesia. Selain harganya yang relatif murah, tahu dan tempe juga mudah diolah menjadi beragam masakan, seperti di goreng, tumis, ataupun dibumbu menggunakan santan. Tapi, dari nilai gizi, lebih baik tahu atau tempe ya? Berikut ulasannya.

Kandungan gizi tahu

Tahu atau Tempe, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Tahu krispi merupakan salah satu makanan berbahan dasar tahu

Tahu dibuat dengan cara mencampurkan susu kedelai panas dengan koagulan hingga mengental. Hasil akhir proses pembuatan tahu ini berupa tahu yang memiliki tekstur kenyal, empuk dan basah serta berwarna putih seperti susu.

Tahu memiliki rasa khas dan sedikit hambar sehingga sangat mudah diolah menjadi beragam masakan. Untuk mengolahnya, Anda bisa menambahkan bermacam bumbu ataupun memasaknya sesuai resep yang ingin digunakan.

Dalam setengah cup tahu terdapat kandungan 97 kalori, 10,1 gram protein, serta 0,5 gram serat. Angka ini menunjukkan bahwa tahu memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dengan kandungan serat dan protein tinggi.

Kandungan gizi tempe

Tahu atau Tempe, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Tempe Mendoan, salah satu jajanan khas Indonesia

Jika tahu terbuat dari susu kedelai, tempe dibuat dari kedelai rebus yang difermentasi. Untuk membuat tempe, biasanya digunakan ragi tempe dan membutuhkan waktu hingga sehari hingga tempe benar-benar bisa diolah menjadi masakan.

Karena terbuat dari kedelai rebus, rasa kedelai masih melekat kuat pada tempe. Dengan tekstur berserat kedelai dan empuk, tempe memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma khas yang nikmat. Makanan ini, selain digoreng, juga bisa diolah menjadi beragam masakan nikmat, termasuk sambal tempe penyet.

Sementara itu, dalam setengah cup tempe memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding tahu, yakni mencapai 160 kalori. Begitu pula dengan kandungan protein dan serat yang mencapai 15,4 dan 3.5 gram.

Meskipun memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibanding tahu, tempe mengalami proses atau pengolahan yang lebih sedikit dibanding tahu. Ini artinya, tempe lebih sehat dengan kandungan gizi yang lebih baik dibanding tahu.

Dari ulasan di atas, mana sih yang menjadi favorit B’timers, tahu atau tempe? Jika masih bingung memutuskan, Anda bisa memilih tahu atau tempe sesuai selera selama keduanya terbuat dari kedelai non-GMO karena terjamin kualitas serta kandungan gizinya tanpa ada zat-zat tambahan yang berbahaya bagi tubuh. (dfr)

Share This Article