Sushi dan Kimbap, Serupa Tapi Tak Sama | Breaktime
Sushi dan Kimbap, Serupa Tapi Tak Sama
10.10.2015

Jika Anda adalah penggemar drama Korea, tentulah sangat familiar dengan kimbap atau gimbap yang banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat negeri Gingseng tersebut. Bentuknya mirip sekali dengan sushi sehingga tak heran jika banyak orang kesulitan membedakannya. Supaya tak bingung, yuk simak informasi dari Breaktime berikut ini:

Persamaan

Sebelum membahas perbedaan yang dimiliki dua nasi gulung tersebut, yuk bahas dulu persamaannya. Kedua makanan ini tersebut termasuk ke dalam makanan cepat saji atau fast food. Pembuatan sushi dan juga kimbap tidak membutuhkan waktu yang lama.

Karena dipotong dalam bentuk yang kecil-kecil, baik sushi ataupun kimbap bisa dimakan sekali gigit. Kimbap sendiri sejarahnya berasal dari Jepang, dan merupakan sushi namun versi Korea. Meski begitu, karena berbagai perkembangan yang terjadi, kimbap sudah menjadi jenis makanan yang berdiri sendiri dan memiliki karakter tertentu.

Bentuk sushi dan kimbap yang mirip membuat banyak orang susah membedakannya
Bentuk sushi dan kimbap yang mirip membuat banyak orang susah membedakannya

Perbedaan

Perbedaan yang mencolok antara sushi dan juga kimbap adalah terletak pada nasi yang digunakan. Nasi yang digunakan untuk sushi dibumbui dengan cuka ataupun anggur beras. Sedangkan kimbap diberi minyak wijen yang tentunya memberi rasa tersendiri beda dengan sushi.

BACA JUGA: Bikin Bekal Sushi untuk Anak dengan Resep Ini

Selain itu, perbedaan lainnya terdapat pada isian yang digunakan. Jika sushi banyak menggunakan ikan mentah untuk isiannya, kimbap lebih banyak memanfaatkan acar sehingga rasanya sedikit agak asam. Tidak hanya itu saja, sushi banyak menggunakan bahan-bahan mentah sebagai isiannya (ikan, mentimun Jepang, ataupun alpukat) sedangkan kimbap banyak menggunakan bahan matang seperti halnya daging dan juga kimchi. Untuk bentuknya sendiri, dibandingkan dengan sushi, kimbap memiliki ukuran yang lebih besar dan lebar karena memiliki banyak isian di dalamnya.

Itulah persamaan dan perbedaan dari kimbap dan juga sushi. Manakah yang paling Anda gemari B’timers, sushi atau kimbap?

Share This Article

Tagging: