Sushi 101: Jelajahi Berbagai Varian Sushi | Breaktime
Sushi 101: Jelajahi Berbagai Varian Sushi
31.08.2017

Bicara soal khazanah kuliner Jepang tentu tak lepas dari sushi. Makanan khas negeri matahari terbit ini terkenal dengan perpaduan nasi dan berbagai jenis ikan. Nasi yang digunakan dalam sushi merupakan nasi jenis khusus yang mirip nasi ketan sehingga lengket dan mudah dibentuk. Ikan juga tak boleh ketinggalan dalam setiap butir sushi karena sebagai negara kepulauan, penduduk Jepang sangat gemar mengkonsumsi ikan, mulai dari yang telah dimasak hingga matang dan juga yang masih mentah sekalipun.

B’timers yang tak familiar dengan sajian sushi tentu menduga bahwa sushi seluruhnya mentah. Padahal, ada banyak sekali variasi sajian sushi secara tradisional maupun fusion sushi yang menggunakan bahan modern dan tidak hanya khas Jepang saja. Agar Anda tak bingung saat membaca buku menu di restoran Jepang atau di sushi vendor, yuk kenali dulu apa saja sih jenis-jenis sushi yang ada?

Sushi identik dengan citarasa masam dan gurih yang berasal dari perpaduan bumbu cuka beras, garam, dan gula. Sushi sendiri menurut bahasa berarti masam. Sensai gurih pada sushi disebut juga dengan umami dalam bahasa Jepang, yang mulanya berasal dari fermentasi nasi yang menguraikan asam amino dalam daging ikan. Pada dasarnya, terdapat 5 jenis sushi yang dibagi berdasarkan bentuk nasi, yaitu nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi.

Nigirizushi atau yang lebih familiar dengan nama nigiri merupakan nasi yang telah dibumbui dengan cuka dan disajikan dengan topping berupa ikan. Cara membuatnya ialah dengan membentuk nasi dengan menggunakan kepalan jari tangan kemudian diberi topping berupa aneka jenis ikan dan hewan laut, seperti cumi, telur ikan, kerang belut, gurita, udang, hingga berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, kerapu, hingga ikan kembung maupun ikan marlin. Tak hanya mentah, ikan yang disajikan dalam nigiri juga ada yang matang. Ada juga yang menambahkan ikan goreng di atas sushi. Tentu saja, nigiri akan menjadi favorit Anda yang tertarik menikmati rasa khas ikan mentah. Topping ikan biasanya akan diikat dengan menggunakan nori alias helaian rumput laut agar tidak terlepas dari nasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

Selanjutnya terdapat makizushi yang disebut juga maki atau sushi roll. Merupakan gulungan nasi berisi potongan timun, telur, atau potongan ikan yang kemudian dibungkus dengan lembaran nori. Nasi berisi aneka jenis hewan laut tadi akan digulung rapi dengan menggunakan anyaman bambu persegi panjang atau sudare. Sushi yang satu ini merupakan jenis yang paling digemari dan banyak dijumpai di Indonesia. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sushi Cookie Pop: Resep Kue Kering Paling Top

Chirashizushi merupakan jenis sushi sejenis nasi donburi yang berupa semangkuk nasi yang dicampur dengan aneka sayuran dan makanan laut yang biasa dijadikan bersama sushi, seperti udang, tuna, salmon, bahkan tahu. B’timers juga bisa lho menambahkan bahan favorit Anda lainnya ke dalam mangkuk chirashi Anda agar makin menggugah selera. Chirashizushi di beberapa daerah di Jepang bahkan dihiasi dengan potongan buah-buahan seperti apel, jeruk, dan ceri. 

Sushi 101: Jelajahi Berbagai Varian Sushi | Breaktime
Sajian sushi dari berbagai jenis

Jenis sushi lain yang tak kalah unik ialah oshizushi. Disebut juga dengan nama oshi, sushi yang satu ini merupakan nasi yang ditumpuk dengan ikan laut kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga padat dengan menggunakan kotak kayu selama beberapa jam hingga semalam suntuk. Setelah padat, oshi akan dipotong menjadi kotak-kotak kecil agar lebih mudah dinikmati.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sushi Groove, Surganya Kuliner Jepang di Bandung

Selain itu, terdapat juga inarizushi yang merupakan jenis sushi dengan harga paling terjangkau. Inari tergolong paling murah karena hanya berupa nasi sushi yang dibungkus dengan menggunakan aburage. Aburage merupakan tahu yang digoreng hingga tipis dan kering dan sudah dibumbui dengan kecap asin dan gula. Inari memang sengaja tidak diberi tambahan ikan atau hewan laut lainnya karena aburage sudah merupakan sumber protein.

Tak hanya berbagai jenis sushi tersebut, B’timers juga bisa menikmati aneka jenis pendamping makan sushi seperti wakame yang merupakan salad rumput laut yang dibumbui minyak wijen dan cuka beras, wasabi yang bercitarasa pedas dan terbuat dari lobak, hingga bulu babi atau uni yang bertekstur creamy dan lumer di mulut. Penasaran mencicipi sensasi hidangan khas Jepang dalam aneka jenis sushi? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE