Sulap Bahan Makanan dalam Bentuk 3D? | Breaktime
Sulap Bahan Makanan dalam Bentuk 3D? Why Not!
28.05.2015

Bagi sebagian orang, menyantap makanan dengan bahan dasar dan menu yang sama bisa jadi terasa sangat membosankan. Untuk itu, sejumlah inovasi dalam bidang kuliner pun terus dikembangkan.

Nah, di tanggal 21 hingga 23 Mei 2015 kemarin, London tengah menggelar acara “3D Printshow” yang berlangsung di Old Trauman Brewery. Acara ini memamerkan sejumlah peralatan masak keren dengan sentuhan teknologi canggih yang dengannya Anda bisa “menyulap” makanan dengan bentuk 3D yang cantik.

Sebagai contoh, bagi Anda yang selama ini gemar bereskperimen dengan bentuk-bentuk cokelat yang rumit dan memakan waktu lama, perusahaan The Hershey Company telah mengeluarkan alat bernama “CocoJet.”

Ini merupakan sebuah printer cokelat 3D yang bisa membuat tampilan cokelat dengan rasa dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate ke dalam berbagai bentuk 3D yang menarik mulai dari kubus, limas segi banyak, spiral, bola, dan lainnya.

uniknya white chocolate yang dicetak 3D dengan berbagai bentuk menarik
uniknya white chocolate yang dicetak 3D dengan berbagai bentuk menarik

Untuk cara kerjanya, pertama-tama CocoJet akan memanaskan cokelat dan kemudian menekan lubang kecil pada cetakan pasta cokelat 3D sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Untuk mempercepat proses pendinginan, pastikan B’timers memilih cokelat dengan kualitas terbaik agar teksturnya pun tak mudah berantakan.

bikin pizza yummy dan unik dengan Foodini
bikin pizza yummy dan unik dengan Foodini

Tak hanya CocoJet, “Foodini” buatan Natural Machines juga menarik untuk dimiliki lantaran alat ini dapat membantu Anda untuk mencetak makanan gurih dan manis seperti pasta, pizza dengan topping dan keju, cake, cokelat, hingga burger.

Keberadaan Foodini sendiri mendukung kehadiran makanan sehat lantaran menggunakan bahan-bahan segar. Wah, tentunya menarik sekali ya untuk mengolah sejumlah makanan dengan bentuk cantik dan unik. Kira-kira kapan Anda bisa membuat olahan menarik 3D di tanah air? Well, tunggu saja, ya!

Share This Article