Sukses Bikin Karamel dengan Tips Mudah Berikut! | Breaktime
Sukses Bikin Karamel dengan Tips Mudah Berikut!
06.09.2016

Hmm, saus karamel yang dituang di atas pancake atau es krim memang yang tebaik, ya, B’timers? Well, karamel adalah salah satu bagian dari makanan penutup paling lezat, namun sekaligus membuat frustasi jika kita membuatnya sendiri. Eits, tunggu sebentar, karena dengan tips mudah berikut, Anda tak perlu takut gagal jika membuat karamel di rumah, B’timers!

Sukses Bikin Karamel dengan Tips Mudah Berikut! | Breaktime
Dessert dingin dengan karamel? Sempurna!

Gunakan termometer permen

Mungkin Anda berpikir, cukup mudah membuat karamel tanpa termometer permen. Tapi percayalah, B’timers. Dengan alat yang satu ini Anda akan mengetahui suhu paling tepat untuk membuat karamel yang sempurna. Karena terlalu panas, akan membuat gula gosong dan pahit.

Memasak di atas panas sedang

Banyak orang tergoda untuk menggunakan api besar untuk memulai proses memasak karamel ini. Eits, tapi usahakan untuk menahan keinginan membesarkan api kompor, ya, B’timers. Api panas tinggi justru menyebabkan campuran gula mudah terbakar dan tidak ada langkah kembali.

Sebaiknya diaduk atau tidak, ya?

Nah, untuk membuat karamel yang sempurna, Anda perlu mengetahui bahwa karamel adalah salah satu hidangan yang membutuhkan perhatian penuh, B’timers. Jadi jangan pernah meninggalkannya hingga meleleh. Usahakan Anda terus mengaduknya dengan kecepatan yang sama, ya?

Sukses Bikin Karamel dengan Tips Mudah Berikut! | Breaktime
Usahakan karamel matang sempurna, ya, B’timers?

Jika gosong, buang dan ulangi!

Seandainya karamel terlanjur gosong, maka produk tersebut sudah tidak mungkin dipakai lagi, B’timers. Dan satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengulangi kembali proses dari awal. Mungkin Anda berpikir, mudah menambahkan gula lagi, tapi rasa pahit yang ada tak bisa hilang!

Percayalah indera pengelihatan

Warna karamel yang sempurna bukanlah hal yang mudah, B’timers. Untuk mengetahuinya, Anda perlu memperhatikan, apakah ada warna kuning mendalam. Warna transparan berarti belum matang dengan sempurna, sementara coklat tua artinya karamel tersebut sudah terlalu gosong.

Dengan tips mudah di atas, Anda pun bisa membuat karamel dengan sempurna di rumah, B’timers! (NO)

Share This Article