Sudah Tepatkah Cara Simpan Makanan dalam Kulkas? | Breaktime
Sudah Tepatkah Cara Simpan Makanan dalam Kulkas?
09.12.2015

B’timers sering memborong roti untuk persediaan sarapan di rumah? Memang, roti merupakan pilihan makanan yang bisa Anda nikmati ketika terburu-buru. Sebagai camilan, roti dapat diolah dengan berbagai isian. Tapi benarkah cara Anda menyimpan roti selama ini?

Perhatikan bungkus roti

Jika Anda termasuk orang yang sering membeli roti dalam jumlah banyak ketika ada diskon untuk penghematan, perlu diperhatikan bagaimana penyimpanannya.

Untuk roti pastikan Anda simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Baik akan disimpan di rungan terbuka maupun di dalam kulkas. Hal itu dilakukan untuk menghindari udara masuk, yang akan menyebabkan roti menjadi keras. Dan pastikan juga Anda memisahkan roti isi, karena roti dengan isi akan lebih cepat basi.

Sudah Tepatkah Cara Simpan Makanan dalam Kulkas? | Breaktime
Makanan ini nikmat disajikan beku

Simpan dalam freezer

Anda juga dapat menyimpan roti dalam freezer dan makanan tersebut akan tahan hingga 4 bulan. Namun sekali lagi, pastikan sebelum menyimpan roti dipindahkan ke dalam wadah dan tutup rapat. Atau Anda juga bisa tetap membiarkannya dalam plastik pembungkusnya jika belum dibuka.

Selain roti, kue kering (biskuit), brownies, dan muffins juga bisa disimpan dalam kulkas. Buah-buahan beku? Ya, tidak masalah jika Anda membekukan semua jenis berry, anggur, bahkan pisang. Produk olahan seperti susu dan keju, juga aman untuk dibekukan. Sementara telur dan yogurt sangat tidak disarankan untuk disimpan di freezer.

Hindari menyimpan makanan ini dalam kulkas

Namun, beberapa makanan ini ternyata tidak boleh disimpan dalam kulkas. Misalnya, tomat, kentang, bawang merah dan putih, kopi, minyak, madu, melon, serta sayuran herbal seperti daun mint, oregano dan ginseng.

Bahan makanan tersebut jika dimasukkan ke kulkas, alih-alih menjadi lebih awet, dikhawatirkan suhu kulkas justru akan mempercepat proses pembusukan.

Selain itu, Anda juga harus rutin membersihkan kulkas. Karena kondisi kulkas yang kotor menjadi penyebab bahan makanan yang Anda simpan malah tidak layak konsumsi. Dan jika ada makanan yang sudah basi di kulkas Anda, segera singkirkan supaya tidak mengganggu bahan makanan yang lain di kulkas ya, B’timers?

Share This Article