Sudah Tepatkah Cara Masak Anda? Cara Memasak Yang Benar | Breaktime
Sudah Tepatkah Cara Masak Anda?
12.08.2015

Makanan harus dimasak dengan benar agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Namun, banyak yang masih sering memasak dengan cara tidak sehat saat menyiapkan makanan untuk keluarga. Tidak hanya menghilangkan nutrisi makanan, cara memasak yang salah juga dapat memicu timbulnya bermacam penyakit dalam tubuh.

Yuk, simak beberapa cara masak yang ‘berbahaya’ untuk tubuh Anda berikut ini:

Deep fry

Sudah Tepatkah Cara Masak Anda? Cara Memasak Yang Benar
Hindari menggoreng makanan

Deep fry adalah cara memasak dengan menggoreng makanan dalam minyak panas. Memasak dengan cara ini akan meningkatkan kandungan lemak jenuh dalam makanan. Makanan yang digoreng merupakan penyebab utama kenaikan berat badan dan kolesterol. Tak hanya itu, jika minyak yang digunakan tidak layak pakai, akan memicu timbulnya infeksi saluran cerna.

Pan Fry

Pan Fry adalah kebalikan dari deep fry, namun kedua cara memasak ini sama-sama tidak sehat. Seperti halnya deep fry, pan fry akan meningkatkan kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan. Jadi sebaiknya, hindari makanan yang digoreng.

Memanggang dengan arang

Sudah Tepatkah Cara Masak Anda? Cara Memasak Yang Benar
Ganti arang dengan listrik

Soal rasa, makanan yang dipanggang selalu menempati urutan teratas. Namun, sebaiknya ganti panggangan arang dengan yang listrik. Memanggang makanan dengan arang dapat menyebabkan timbulnya zat karsinogenik. Akibatnya, tubuh lebih rawan terkenan penyakit kanker. Selain itu, asap yang dihasilkan pun dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Memanaskan makanan di microwave dengan wadah plastik

Saat menggunakan microwave, hindari menggunakan wadah berbahan plastik. Wadah plastic mengandung zat penyebab kanker yang membahayakan kesehatan tubuh. Gunakan wadah berbahan stainless steel ketika harus memasak menggunakan microwave.

Mencuci sayur dan buah setelah dikupas

Sudah Tepatkah Cara Masak Anda? Cara Memasak Yang Benar
Cuci sayuran sebelum dikupas

Cara terbaik untuk mencuci sayur adalah ketika belum dikupas. Kulit sayur biasanya dipenuhi kotoran dan zat kimia yang berasal dari pestisida dan pupuk. Untuk membersihkannya, rendam sayur dalam air hangat yang dicampur garam selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir. Mencuci sayuran ketika telah dikupas akan membuat nutrisi dan mineral di dalamnya hilang.

Terkesan sepele, tapi cara masak yang keliru bisa membahayakan kesehatan apalagi jika dilakukan terus menerus. Yuk, biasakan memasak dengan cara yang benar, B’timers!

Share This Article