Sudah Tahu Menu Makanan Ini Adaptasi Londo? | Breaktime
Sudah Tahu Menu Makanan Ini Adaptasi Londo?
16.08.2017

Menjelang hari Kemerdekaan esok hari, kita sebagai masyarakat Indonesia akan dibawa kembali pada ingatan masa lampau ketika negeri yang kaya ini dijajah oleh Netherland dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Selama 3,5 tahun, pribumi kita harus rela memberikan segala yang mereka miliki untuk para manusia serakah pada masa itu. Nyawa pun bahkan rela mereka korbankan demi harga diri bangsa. Tak heran jika dalam kurun waktu selama itu, Indonesia sedikit-banyak juga terpengaruh dengan budaya kaum Londo.

Ada banyak warisan penjajah Belanda yang hingga kini masih bertahan dan bahkan terus hidup di sekitar masyarakat kita. Salah satu yang mungkin tidak banyak diketahui adalah makanan. Ada beberapa menu makanan Indonesia yang ternyata diadapatasi dari makanan-makanan Belanda zaman dulu yang tinggal di Indonesia. Apa saya, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Attention, Inilah 5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Dicoba!

Selat Solo

Kalau dari namanya, foodies pasti mengira makanan yang satu ini berasal dari Solo, kan? Memang benar, sih. Namun lebih tepatnya makanan ini adalah makanan ningrat Keraton Solo dan merupakan makanan warisan Belanda. Makanan ini merupakan adaptasi dari steak yang biasa dimakan oleh kalangan atas Belanda masa itu. Bedanya kalau Selat Solo dimodifikasi dengan topping keripik kentang, sayuran, saus lebih manis, encer, dan kaya akan rempah.

Sup Brenebon

Ini adalah sup kacang merah yang populer di daerah timur Indonesia. Makanan ini rupanya diadaptasi dari makanan Belanda, yaitu bruine bonensoep. Hanya saja perbedaannya adalah sup brenebon memiliki kuah bening, sedangkan bruine bonensoep memiliki kuah yang lebih kental, karena dicampur dengan krim.

Semur

Kuliner yang satu ini paling sering disantap dengan nasi uduk atau lontong. Ternyata makanan ini juga merupakan warisan pada masa penjajahan, lho. Diadaptasi dari makanan Belanda yang bernama Smoor. Makanan ini memiliki arti teknik mengolah daging hingga teksturnya jadi lebih empuk. Daging ini dihasilkan karena merebusnya dalam waktu yang lama. Makanan yang berwarna coklat ini dihasilkan dari kecap dan rempah yang memiliki citarasa manis. 

Sudah Tahu Menu Makanan Ini Adaptasi Londo? | Breaktime
Semur, sejarah lisan di balik kudapan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Macaroni Schotel, Peninggalan Belanda yang Disukai Hingga Kini

Menurut cerita lisan yang tersebar di masyarakat Betawi, semur diciptakan sangat mirip dengan menu Belanda, yaitu Haache. Menu ini berasal dari menu tradisional Belanda Selatan dengan teknik daging sapi yang direbus bersama bawang dan vinegar. Biasanya Haache dihidangkan bersama kol merah, apel, kentang, dan nasi.

Perkedel

Makanan ini seringkali menjadi lauk pendamping, mulai dari masakan Padang, nasi kuning, hingga soto. Makanan ini mengadaptasi dari makanan Belanda yang bernama Frikadeller yang terbuat dari kentang rebus ditumbuk halus dan ditambah dengan daging sapi cincang. Kemudian dibumbui bawang merah, bawang putih, lada, dan biji pala. Untuk tahapan terakhir baru digoreng.

Kastengel

Siapa yang nggak suka dengan kue kering yang satu ini? Semua pasti suka. Kalau di Indonesia, kue ini sering jadi suguhan saat Hari Raya. Namun pada masa penjajahan Belanda, nama Kaasstengels atau stik keju ini jadi hapjes atau snack yang sangat populer.

BaBACAJUGA:3

Ontbijtkoek

Dalam bahasa Belanda, makanan ini artinya breakfast cake. Kalau masyarakat pribumi mengenalinya dengan sebutan kue bolu. Zaman dulu, kue bolu ini berbahan dasar gandum hitam dan sangat kaya rempah. Warga Belanda atau pribumi kelas atas sering mengoleskan mentega di atasnya untuk menyeimbangkan rasa manis. Teman yang paling nikmat adalah kopi atau susu hangat.

Itulah 6 makanan khas Belanda yang kini menjadi sangat populer di Indonesia. Makanan-makanan ini menjadi warisan setelah kekuasaan Belanda diambil alih oleh Jepang. Jika dilihat dari komposisinya begitu kaya akan rempah yang menyehatkan. Tidak seperti makanan-makanan sekarang ini. Oleh karena itu, untuk mengimbangi makanan sehat, Anda juga harus mulai melakukan gaya hidup sehat dan bisa diawali dengan cara ini. Merdeka!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE