Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Espresso? | Breaktime
Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Espresso?
23.11.2015

Happy Espresso Day, B’timers!

Di hari perayaan espresso kali ini, Breaktime akan mengajak Anda belajar lebih banyak tentang espresso. Karena, masih sangat banyak fakta-fakta unik tentang espresso yang mungkin saja B’timers belum tahu. Yuk, mulai!

Tidak memiliki set taste

Seperti halnya wine, sebenarnya espresso tidak memiliki rasa tertentu. Rasa sebuah espresso, muncul dari jenis biji kopi, jumlah air yang ditambahkan, tekanan yang diberikan saat pemrosesan, serta crema, yaitu busa tipis yang terbentuk karena tekanan saat pemrosesan biji kopi. Hal-hal ini akan mempengaruhi rasa akhir espresso. Jadi, jangan heran jika rasa espresso di setiap café berbeda, karena rasanya tergantung bagaimana cara espresso disajikan.

Porsi kafein lebih kecil

Dibanding dengan kopi tradisional yang kerap Anda nikmati, porsi kafein dalam espresso jauh lebih kecil. Semakin kecil cangkir saji yang digunakan, semakin kecil pula kafein yang terdapat di dalamnya. Hal ini karena espresso merupakan versi kopi terkonsentrasi.

Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Espresso? | Breaktime
Mesin espresso pertama diciptakan oleh Luigi Bezzera

Mesin espresso pertama di awal 1900-an

Di awal masa revolusi Industri Italia, bos pabrik mengeluhkan waktu yang digunakan para pekerja untuk membuat kopi dan ingin mempersingkatnya. Luigi Bezzera, dengan idenya, menciptakan sebuah mesin pembuat kopi yang menghasilkan kopi pekat hanya dalam waktu 30 detik. Waktu yang digunakan untuk membuat kopi jadi lebih pendek dengan rasa yang jauh lebih kuat.

Memiliki 3 komponen

Setiap espresso terdiri dari 3 komponen, yaitu cream atau busa dengan rasa manis, tubuh, dan jantung. Jantung disini merupakan bagian bawah kopi yang terasa pahit dan identik dengan espresso. Bagian mana yang paling Anda sukai, B’timers?

Harus tercampur rata

Sebelum menikmati espresso, berikan adukan cepat terlebih dahulu agar komponen-komponennya tercampur rata. Percampuran komponen yang baik akan menyeimbangkan rasa manis cream dan rasa pahit dari jantung, sehingga menghasilkan rasa yang benar-benar mantap.

Cepat kehilangan rasa

Kopi memang nikmat diseduh perlahan sebelum ia menjadi dingin, tapi berbeda dengan espresso. Untuk menikmati rasa espresso yang kuat sebaiknya lakukan dengan cara one shot, dibanding menyeduhnya secara perlahan.

Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Espresso? | Breaktime
Untuk menyajikan espresso, ukuran cangkir harus benar-benar diperhatikan

Ukuran cangkir

Untuk menyajikan sebuah espresso, ukuran cangkir benar-benar harus diperhatikan. Cangkir yang digunakan sebaiknya lebih besar dari 2 ons atau pas untuk menyajikan espresso sekali teguk. Menggunakan cangkir yang terlalu besar akan membuat espresso mendingin dengan cepat.

Di Italia, penjualannya diatur pemerintah

Di Italia, espresso dianggap sebagai bagian penting dalam gaya hidup sehari-hari. Hal ini membuat pemerintah mengatur dan mengawasi penjualan dan konsumsi espresso. Di bar di Italia, menikmati espresso sambil berdiri dikenakan biaya lebih murah dibandingkan jika Anda memesan tempat duduk.

Suhu yang tepat

Untuk menghasilkan espresso yang nikmat, selama proses sebaiknya berikan suhu 190 derajat F pada espresso. Sedangkan untuk penyajian, hangatkan cangkir porselin hingga bersuhi 160 derajat F. Akan panas memang, tapi dengan suhu yang tepat, rasa espresso akan terasa lebih mantap.

Tidak menggunakan biji khusus

Jika varian kopi lainnya mengharuskan Anda menggunakan biji kopi tertentu, espresso tidak. Anda bisa menggunakan jenis biji kopi yang mana saja, kemudian memanggangnya hingga gelap, menggiling hingga halus, dan memrosesnya dengan tepat. Pembuatan dan proses yang tepat akan menghasilkan espresso yang nikmat apapun biji kopi yang digunakan.

Sudah menikmati espresso hari ini? (dfr)

Share This Article