Sudah Benarkah Cara Anda Memakai Pisau Dapur? | Breaktime
Sudah Benarkah Cara Anda Memakai Pisau Dapur?
20.11.2015

Pisau dapur merupakan salah satu benda tajam yang sangat berguna dalam proses masak memasak. Meskipun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata masih banyak yang salah dalam menggunakannya.

Terdapat 3 kesalahan yang sering dilakukan dalam memakai pisau dapur, yaitu:

  • Tidak memperhatikan ketajaman

Ketajaman pisau merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pisau yang mulai kehilangan ketajaman, akan membuat proses memotong bahan makanan menjadi lebih sulit dengan bentuk yang tidak beraturan.

  • Memotong dengan cara yang salah

Kita memang bisa memotong bahan makanan sesuai selera kita. Namun, memotong bahan makanan dengan cara yang benar bukan hanya dapat menjaga bentuk, tapi juga dapat menjaga tekstur dan cita rasa makanan.

  • Memegang pisau dengan cara yang salah

Memegang gagang pisau haruslah benar agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat melukai diri sendiri, seperti jari yang teriris. Memegang dengan cara yang salah juga akan menyulitkan proses memotong bahan makanan.

Sudah Benarkah Cara Anda Memakai Pisau Dapur? | Breaktime
Jauhkan tangan dari pisau saat memotong

Lantas bagaimana cara menggunakan pisau dapur dengan benar? Berikut ulasannya.

  • Jangan gunakan tangan sebagai tumpuan

Karena tidak ada telenan, biasanya bahan makanan akan dipegang erat dengan tangan ketika  dipotong. Hal ini sangat berbahaya karena pisau bisa selip kapan saja dan melukai tangan Anda.

  • Beri tekanan yang pas

Untuk mencincang, sebaiknya gunakan teknik memompa dengan tekanan yang tepat agar pisau dapat berkerja dengan cepat. Tapi, hati-hati agar tidak melukai tangan Anda.

  • Posisikan tangan dengan tepat.

Ketika memotong makanan, posisikan tangan dengan tepat. Pegang bahan makanan dua jari, sebaiknya ibu jari dan jari tengah. Gunakan telunjuk sebagai panduan pisau dengan menekuknya kedalam. Dengan cara ini, tangan Anda akan lebih aman dan terhindar dari pisau.

Sudah Benarkah Cara Anda Memakai Pisau Dapur? | Breaktime
Hati-hati dalam memakai pisau daging
  • Gunakan pisau berujung bulat

Memotong makanan dengan arah maju mundur akan lebih cepat selesai dibanding dengan memompanya keatas dan kebawah. Untuk memudahkan pergerakan bolak-balik pisau, gunakan pisau dengan ujung bulat dan hindari pisau berujung lancip.

  • Hati-hati dalam memakai pisau daging

Pisau daging dirancang dengan ketajaman tinggi untuk memudahkan memotong daging. Ini artinya, pisau daging juga bisa dengan mudah mengiris tangan Anda.

  • Jangan menjilat pisau

Saat memotong cokelat, keju, atau butter, biasanya akan ada sedikit bagian yang tertinggal dan menempel di pisau. Potongan tersebut biasanya menarik Anda untuk menjilatnya. Tapi, menjilat makanan yang menempel di pisau juga dapat membuat lidah Anda terpotong.

Jika tanpa sengaja tangan terluka karena pisau, segera cuci luka Anda dan tekan untuk menghentikan pendarahan. Selanjutnya, beri obat dan plester luka. (dfr)

Share This Article