Stop Menyimpan 6 Makanan Ini di Lemari Es! | Breaktime
Stop Menyimpan 6 Makanan Ini di Lemari Es!
21.02.2016

B’timers, memang benar bahwa lemari es digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama. Suhu rendah dan dingin akan membuat sayuran, buah-buahan atau minuman tetap segar dan aman dikonsumsi meski sudah disimpan beberapa hari. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang tidak seharusnya disimpan di lemari es. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Yuk, cari tahu!

Butter

Alasan Anda menyimpan butter di lemari es pasti karena bahan makanan ini mudah leleh jika tidak didinginkan. Yang perlu Anda tahu, butter bisa bertahan dalam beberapa hari tanpa harus disimpan di lemari pendingin. Selain itu, menyimpan butter di lemari es bisa mengkontaminasi makanan lainnya.

Stop Menyimpan 6 Makanan Ini di Lemari Es! | Breaktime
Butter bisa mengkontaminasi makanan lain

Melon

Orang-orang kebiasaan menyimpan melon utuh yang belum terlalu matang di lemari es. Padahal, melon tidak akan menua dan matang jika disimpan di lemari es. Sebelum dimasukkan ke freezer, tunggu melon matang terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengiris melon agar tidak memakan banyak ruang!

Tomat

Seperti melon, tomat lebih baik di simpan di suhu ruangan. Jika Anda khawatir tomat akan layu dan lembek, maka sebaiknya segera mengolah tomat sesaat setelah membelinya. Jika tersisa dan tomat sudah terlihat tua, Anda baru boleh menyimpannya di kulkas. Ingat, simpan di lemari es saat sudah mulai layu.

Stop Menyimpan 6 Makanan Ini di Lemari Es! | Breaktime
Lebih baik disimpan di suhu ruangan

Kentang

Tahukah Anda bahwa menyimpan kentang di lemari es akan mengubah rasanya menjadi gula? Artinya, tekstur kentang akan berubah berpasir dan rasanya menjadi lebih manis. Daripada dimasukkan ke kulkas, lebih baik biarkan kentang tetap di kantong plastik atau simpan di tempat gelap seperti bawah meja atau tempat tidur Anda!

Bawang Bombay atau bawang merah

Bukannya semakin segar dan tahan lama, menyimpan bawang Bombay atau bawang merah justru akan membuatnya cepat lembek. Hasilnya, rak bagian bawah lemari es Anda akan kotor, berlendir dan berbau tidak sedap. Jadi, singkirkan bawang dari lemari es Anda sekarang juga, B’timers!

Stop Menyimpan 6 Makanan Ini di Lemari Es! | Breaktime
Lebih cepat lembek dan mengotori kulkas

Madu

Menyimpan madi di lemari es juga hal seharusnya tidak Anda lakukan. Pasalnya, madu akan mudah mengkristal atau berubah jadi gula jika berada di suhu rendah. Tidak ada yang mau menggunakan madu yang sudah menggumpal, bukan? Nah, karena itu, sebisa mungkin jangan lagi memasukkan makanan-makanan di atas ke dalam lemari es ya, B’timers! (nap) 

Share This Article