Stiker yang Menempel di Kulit Buah, Apa Artinya? | Breaktime
Stiker yang Menempel di Kulit Buah, Apa Sih Artinya?
18.10.2015

Jika sering membeli buah terutama di supermarket, B’timers pasti menemukan stiker yang menempel pada kulit buah tertentu seperti apel, jeruk, dan melon. Namun, tahukah Anda bahwa stiker tersebut bukanlah merek dagang dari importir, tapi memiliki arti khusus?

Stiker kode tersebut merupakan Price Look-Up (PLU) yang ditujukan untuk membedakan buah berdasarkan cara produksinya, yakni non-organik, rekayasa genetika, atau organik. Berikut ulasannya:

Empat digit diawali 3 atau 4

Jika Anda ingin membeli buah impor, sebaiknya hindari buah yang memiliki kode berupa empat digit angka yang diawali dengan angka 3 atau 4. Kode berupa empat digit angka yang diawali angka 3 atau 4 menandakan bahwa buah tersebut diproduksi secara konvensional dan menggunakan pestisida selama ditanam. Misalnya, sebuah apel Fuji yang memiliki kode 4129, artinya apel tersebut mendapatkan semprotan pestisida selama penanaman.

Baca Juga : BIKIN CAKE APEL SIRAM MADU DENGAN RICE COOKER? SIAPA TAKUT!

Buah dengan kandungan pestisida ini sebaiknya tidak dikonsumsi mengingat sifat racun yang ada pada pestisida. Meskipun tidak secara langsung, pestisida dapat merugikan bagi kesehatan manusia.

Stiker yang Menempel di Kulit Buah, Apa Sih Artinya? | Breaktime
Beda kode, beda pula artinya

Lima digit diawali angka 8

Buah dengan stiker kode berupa lima digit angka yang diawali dengan angka 8 menandakan bahwa buah tersebut merupakan hasil dari rekayasa genetika yang dilakukan oleh ilmuwan. Selain itu, buah dengan kode ini juga menandakan bahwa penanaman dan perawatannya juga menggunakan pestisida.

Misalnya sebuah apel Fuji dengan kode 84129, menandakan bahwa apel tersebut telah mengalami rekayasa genetika dan dilakukan penyemprotan pestisida selama ditanam.

Stiker yang Menempel di Kulit Buah, Apa Sih Artinya? | Breaktime
Perhatikan kodenya mulai sekarang

Lima digit diawali angka 9

Lima digit angka yang diawali dengan angka 9 adalah buah terbaik yang bisa Anda pilih. Kode ini memiliki arti bahwa buah tersebut menggunakan pupuk organik selama ditanam, serta sangat aman dikonsumsi.

Misalnya apel Fuji dengan kode 94129 memiliki arti bahwa apel ini hanya menggunakan pupuk organik selama ditanam serta sama sekali tidak menggunakan pestisida.

Selain buah, kode-kode ini juga berlaku pada sayuran yang banyak ditemui di supermarket. Mulai sekarang, jangan ragu untuk memeriksa kode pada buah-buahan impor yang akan Anda beli ya, B’timers!

Share This Article