Sstt! Ini Rahasia Memilih Buah Melon di Swalayan | Breaktime
Sstt! Ini Rahasia Memilih Buah Melon di Swalayan
08.07.2017

Saat cuaca sedang panas menggila, cocoknya memang kita menyantap buah-buahan yang menyegarkan ya B’timers. Tak cuma menyegarkan, buah yang dilahap tersebut juga harus bercita rasa manis— agar kita menjadi lebih semangat dan tak loyo digempur suhu cuaca yang tinggi. Kira-kira, buah apa yang langsung terbersit di pikiran Anda? Hayo, pasti buah itu adalah si buah melon kan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Ajaib Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Melon memang adalah buah yang senantiasa disandingkan dengan nuansa musim panas, B’timers. Jenis melon pun pada dasarnya bermacam-macam. Dimulai dari watermelon alias semangka, cantaloupe atau melon jingga hingga honeydew melon alias melon madu. Kesemuanya sangat tinggi kandungan air serta bersifat mendinginkan baik di perut maupun di tenggorokan. Dan yang lebih menyenangkan, buah melon itu termasuk dalam buah yang rendah kandungan kalori, lho. Cihuy! Cocok banget untuk Anda yang tengah menjalani program diet alias menurunkan berat badan! 

Sstt! Ini Rahasia Memilih Buah Melon di Swalayan | Breaktime
Melon, si buah yang rendah kalori

Akan tetapi permasalahannya, terkadang kita kurang jeli dalam membelinya, terutama kala membelinya di pasar atau swalayan. Kualitas melon yang sudah terlanjur dibeli ini memang nampak baik dari luar. Namun ketika dibelah, ternyata Ia sudah hampir busuk di dalam. Atau jangan-jangan, buah melon tersebut malah belum matang sempurna. Waduh, jadi gagal deh menikmati legitnya buah melon yang menggugah selera! Maka dari itu, mutlak hukumnya bagi Anda untuk paham betul cara memilih buah melon yang baik untuk dikonsumsi biar tak tertipu lagi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Desserts Ini Ternyata Vegan-Friendly, Lho!

Jika hendak berbelanja watermelon alias semangka, pertama-tama balikkan buah semangka dan carilah bagiannya yang terdapat corak berwarna cerah. Nah, corak warna itulah yang akan membantu Anda dalam menentukan apakah si semangka sudah siap untuk dikonsumsi. Nama dari corak tersebut adalah ground spot. Bila ground spot ini berwarna kekuningan dan bukannya berwarna putih, maka semangka tersebut adalah semangka yang matang.

Untuk pecinta honeydew melon atau melon madu, cara pemilihannya pun tak kalah mudah dari si buah semangka. Sekilas informasi saja bagi yang belum tahu, melon madu ini ada yang dagingnya berwarna hijau dan berwarna oranye. Namun apapun warna dagingnya, rasa dan aroma yang diberikan dari melon ini relatif identik. Sehingga, perbedaan besar dari keduanya memang hanyalah dari segi warna daging saja.

Sstt! Ini Rahasia Memilih Buah Melon di Swalayan | Breaktime
Pilih buah melon yang bulat dan keras

Hal nomor wahid yang harus diperhatikan adalah bahwa buah tersebut bulat sempurna dengan bobot yang mantap di tangan. Tak ketinggalan, pada bagian kulit melon jangan sampai ada retakan yang mengindikasikan bahwa buah tersebut tidak fresh. Dan untuk mengetahui apakah melon ini matang atau tidak, Anda dapat merasakannya dari bagian kulit. Bila diketuk, kulit dari melon ini akan amat keras dan bukannya malah menjadi lembek.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol

Kebalikan dari si melon madu, cantaloupe atau melon jingga justru semakin matang jika saat kulitnya ditekan, Ia terasa begitu empuk. Di beberapa wilayah di Indonesia, melon jingga pun lebih dikenal dengan nama blewah. Ia umumnya diserut dan dijadikan minuman dengan tambahan sirup merah dan es batu. Kembali pada kriteria pemilihan melon, melon jingga mempunyai garis-garis mirip yang ada pada buah labu di bagian kulitnya. Nah, semakin simetris garis-garis ini maka semakin pula Ia menandakan bahwa si melon benar-benar berkualitas tinggi. Jika ditinjau dari segi kematangan, tentu Anda bisa langsung melihatnya dari warna kulit buah. Pilihlah buah melon jingga dengan warna kulit yang kekuningan— bukan dengan warna kulit buah yang masih kehijauan. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE