Spinach, a Gluten-Free Leafy Green for Dieters | Breaktime
Spinach, a Gluten-Free Leafy Green for Dieters
26.02.2015

Apakah B’timers masih ingat dengan tokoh kartun Popeye dalam serial anak yang berjudul Popeye The Sailor Man? Dalam serial tersebut, Popeye merupakan sosok lelaki yang kurus dan lemah. Namun ia bisa menjadi kuat setelah mengonsumsi bayam.

Ya, begitu kayanya kandungan zat baik dalam bayam hingga ditampilkan sebagai sayur yang seolah bisa memberikan kekuatan super. Sayuran berdaun hijau tua ini memang kaya akan mineral dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

Supaya B’timers lebih kenal lagi dengan sayur lezat satu ini, simaklah beragam manfaatnya melalui informasi yang sudah Breaktime rangkum berikut ini:

Rich in fiber

Bayam mengandung 20% serat yang baik untuk tubuh, khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Mengonsumsi makanan berserat akan membantu Anda mengurangi rasa lapar dan juga dapat mengoptimalkan sistem pencernaan termasuk melancarkan BAB, membantu menyehatkan usus, menurunkan kolesterol, dan membantu mengendalikan kadar darah dalam tubuh.

Low in calories

Meskipun bayam kaya akan fiber atau serat, tumbuhan yang menyukai iklim hangat ini sangat rendah kalori. Ya, kalori yang terkandung dalam bayam tak sampai 1 mg sehingga sangat cocok dijadikan super-food for dieters.

Contains of iron

Bayam juga terkenal dengan kandungan zat besi melimpah. Zat besi berperan penting dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh, dapat membantu pembentukan hemoglobin, membantu fungsi otot dan otak, mengatur kestabilan suhu dalam tubuh, serta membantu sintesi neurotransmitter.

Important anti-oxidant source

Warna hijau tua pada daunnya menunjukkan jika bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh pada kuman penyakit serta radikal bebas. Sayuran ini juga kaya akan kandungan fitonutrien terutama beta-karoten dan lutein yang bisa membantu mempercepat proses regenerasi sel jaringan yang telah rusak.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa dirasakan dari konsumsi bayam. Namun ingat, berhati-hatilah saat memasak bayam dan jangan dipanaskan karena bisa mengeluarkan ‘racun’ yang berbahaya untuk tubuh.

Share This Article