Ikan Gabus, Predator yang Kaya Manfaat | Breaktime
Snakehead alias Ikan Gabus, Predator yang Kaya Manfaat
03.11.2015

Snakehead alias Ikan bogo atau ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan banyak manfaat. Meskipun bentuknya terlihat aneh, seperti lele yang tidak berkumis, tapi ikan gabus kaya akan protein dan memiliki manfaat sebagai berikut:

Mempercepat penyembuhan luka

Albumin merupakan salah satu jenis protein yang sangat dibutuhkan untuk penyembuhan luka. Albumin juga dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari. Dengan mengonsumsi ikan gabus, kadar albumin dalam darah akan meningkat, sehinga penyembuhan luka dan pemulihan tubuh dari sakit akan lebih cepat.

(Baca juga : Ini Cara Membuat Soto Lamongan Sederhana)

Membantu pembentukan otot

Dalam 10 gram ikan gabus terdapat 25,5 gram protein, sedangkan pada yama hanya 18,2 gram. Kandungan protein yang cukup tinggi ini banyak membantu dalam proses pembentukan dan pertumbuhan otot tubuh.

Ikan Gabus, Predator yang Kaya Manfaat | Breaktime
Mengonsumsi ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan luka

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Albumin tak hanya efektif dalam penyembuhan luka, tapi juga dapat menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan air, protein akan pecah sehingga kadar air tetap terjaga.

Mudah dicerna

Daging ikan gabus memiliki tekstur yang empuk, sehingga lebih mudah dicerna. Kandungan kolagen yang rendah dalam ikan gabus membuat tekstur dagingnya lebih empuk dibandingkan dengan jenis daging hewan lainnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi ikan gabus secara rutin, dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan protein yang tinggi akan mendukung tubuh untuk membentuk sistem imun.

Mengatasi gizi buruk

Asupan nutrisi yang tidak tepat dapat menyebabkan gizi buruk, terutama di usia anak-anak. Untuk mengatasi gizi buruk ini, ikan gabus bisa menjadi pilihan, karena dalam 100 gram ikan gabus terdapat berbagai nutrisi yang dibutuhkan anak dan balita.

Anda mungkin ragu untuk mengonsumsi ikan gabus karena hidup di lumpur dan memiliki aroma tanah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencuci bersih ikan gabus, kemudian melumurinya dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Dengan begitu, aroma tanah akan hilang dan ikan gabus siap dimasak sesuai selera. 

Share This Article