Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Smart Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu
11.01.2016

B’timers yang sering berada di dapur mungkin sudah memahami seluk beluk memasak. Terkadang proses persiapan memasak justru lebih memakan waktu daripada memasaknya sendiri. Untuk B’timers yang tidak ingin terlalu lama menghabiskan waktu di dapur, kali ini Breaktime akan berbagi tips mempersiapkan bahan masakan agar proses memasak Anda lebih efektif dan efisien.

  • Mengolah pasta

Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Salah satu makanan favorit semua usia

Pasta dan mie seringkali menjadi menu andalan keluarga. Tips untuk merebus pasta dan mie agar cepat matang adalah dengan mendidihkan air terlebih dahulu menggunakan teko air, baru kemudian dipindahkan ke dalam panci dan digunakan untuk merebus pasta atau mie.

B’timers bisa juga merebus dalam jumlah banyak. Jika sudah empuk, tiriskan dan cuci dengan air hingga pasta jadi dingin. Masukkan ke dalam wadah yang tertutup di dalam kulkas, sehingga B’timers bisa mengolahnya kapanpun, dengan cara merendam pasta dingin dari kulkas tersebut ke dalam air panas sebentar saja.

  • Menanak nasi

Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Makanan pokok dengan karbohidrat tinggi

Sering dikejar waktu namun masih belum tersedia nasi di rumah untuk makan? B’timers bisa mendidihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam rice cooker bersama beras yang sudah dicuci bersih. Ini akan membuat waktu menanak nasi lebih singkat dari biasanya. Agar nasi tidak cepat basi, B’timers bisa tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon sebelum nasi ditanak.

  • Mempersiapkan bumbu

Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Kupas sendiri jika B’timers memiliki waktu senggang

Mengupas bawang merah dan bawang putih memang membutuhkan waktu. Sebaiknya B’timers membeli bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, sehingga bisa langsung digunakan untuk memasak. Membeli saus salsa dalam toples juga bisa jadi opsi. Di dalamnya terdapat tomat, bawang dan cabai yang sudah siap untuk diolah. 

  • Menyiapkan mentega untuk diolah

Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Sebaiknya memang disimpan dalam suhu ruangan

Mentega yang terlalu lama disimpan dalam kulkas akan menjadi sekeras batu. Sebelum B’timers menggunakanya dalam adonan roti, lebih baik Anda memarutnya dengan parutan keju sehingga mentega akan meleleh natural mengikuti suhu ruangan.

  • Memasak aneka daging

Tips Persiapan untuk Memasak Andalan Para Ibu | Breaktime
Sediakan minyak zaitun untuk berbagai masakan

B’timers yang suka memasak dengan ayam bisa mencoba cara mudah ini. Potong dada ayam menjadi dua secara horizontal, bumbui dengan garam dan lada, lalu bakar di atas minyak zaitun yang telah dipanaskan. Bakar sekitar 2-3 menit tiap sisinya sebelum diangkat. Resep mudah ini juga berlaku bagi udang dan sosis. Agar sosis atau salmon garing di luarnya, lumuri dengan minyak zaitun lalu bakar selama 10-12 menit dengan api sedang di atas teflon.

Tips-tips tadi membuat acara memasak tidak seribet biasanya, bukan ? Jika B’timers sudah terbiasa untuk melakukan persiapan singkat sebelum memasak, dijamin memasak sudah tidak membutuhkan waktu lama. Jam kerja tidak terganggu dan keluarga pun bisa menikmati masakan yang lezat dengan setiap harinya. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article