Tips Mematangkan Alpukat Mentah dalam Semalam | Breaktime
Smart Tips Mematangkan Alpukat Mentah dalam Semalam
28.02.2016

Terkadang karena membeli buah sambil terburu-buru, B’timers memberikan kekuasaan pada penjual atau kerabat untuk memilihkan alpukat untuk Anda. Sayangnya karena susah menebak isi hati dari alpukat, Anda sering menemui alpukat yang masih dalam kondisi keras dan mentah. 

Tips Mematangkan Alpukat Mentah dalam Semalam | Breaktime
Alpukat memang paling terbaik dikonsumsi ketika matang sempurna

Kesal? Jelas, bayangan ingin segera menikmati kelezatan daging alpukat mendadak pupus sudah. Namun kekesalan B’timers akan segera terobati jika Anda mengikuti tips cerdas ini untuk membuat alpukat Anda bisa segera dinikmati hanya dalam semalam.

1. Banana and paper towel as first kit

Jika B’timers memiliki beberapa pisang maka Anda bisa menggunakannya untuk mematangkan alpukat mentah Anda. Pisang mengandung gas etilen yang seringkali terpancar dan mempengaruhi buah-buahan lain untuk segera matang.

B’timers cukup membungkus alpukat bersama sebuah pisang dengan menggunakan tisu dapur. Bungkus rapat-rapat dan biarkan semalaman dalam suhu ruangan. Voila, alpukat Anda sudah terlihat matang keesokan harinya. Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat video di bawah ini:

2. Grow old with apple together

Sama halnya dengan pisang, apel mengandung gas etilen yang bisa mempengaruhi buah-buahan lain untuk cepat matang. Itulah sebabnya B’timers sebaiknya tidak menjejerkan apel dengan buah-buahan matang lainnya dalam kulkas karena membuat mereka cepat busuk.

Siapkan paper bag, lalu masukkan sebuah apel dan alpukat yang mentah ke dalam paper bag. Tutup rapat paper bag, lalu simpan dalam suhu ruangan selama semalaman, maka esok Anda akan menemui alpukat Anda siap untuk dikonsumsi. Lihat video di bawah ini, untuk tutorial lengkapnya:

3. Slice of avocado and lemon juice

Karena alpukat susah ditebak kematangan isinya, B’timers terlanjur memotong alpukat yang masih belum matang. Mau dimakan tidak enak, kalau mau dibuang juga sayang sudah terlanjur dibeli. Anda tidak perlu khawatir karena perasan jeruk lemon atau jeruk nipis akan menyembuhkannya.

B’timers cukup mengoleskan sedikit air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis di permukaan daging alpukat yang sudah teriris. Zat asam dari jeruk lemon tersebut mampu mencegah berubahnya daging alpukat menjadi cokelat akibat terpapar udara.

Selain bahan-bahan tersebut, tomat juga mengandung gas etilen lho. Mencampurkan alpukat dengan tomat bisa membuatnya matang lebih cepat. Tips cerdas ini tidak hanya berfungsi untuk mematangkan alpukat saja. B’timers bisa menggunakannya pada pisang, jagung, dan berbagai sayur dan buah lainnya yang Anda butuhkan untuk segera dikonsumsi dalam keadaan matang. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article